Pendaftaran IISMA 2024 Telah Resmi Dibuka, Kuota Peserta Meningkat

Pendaftaran Indonesia International Student Mobility Award (IISMA) 2024 dibuka pada Selasa (23/1/2024) hingga Rabu (14/2/2024) melalui portal IISMA.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Nizam dalam sambutannya di acara Sosialisasi Program IISMA Tahun 2024 bagi Pimpinan Perguruan Tinggi dan LLDIKTI di awal tahun 2024 memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk melakukan berbagai persiapan dan mengambil kesempatan emas ini. “Persiapkan diri dengan bahasa asing yang baik dan pilih program studi yang semakin beragam di mitra perguruan tinggi terkemuka di dunia,” pesannya.

IISMA merupakan salah satu  dari delapan program flagship di bawah kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia.  bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi.

Program IISMA mulai dibuka pada tahun 2021 dengan tujuan untuk memberikan hak dan kesempatan bagi mahasiswa Sarjana semester 4 s.d. 6 untuk menempuh perkuliahan di perguruan tinggi terkemuka di luar negeri yang menjadi mitra Kemendikbudristek, dalam bentuk beasiswa. Mahasiswa dapat mengambil mata kuliah untuk pengembangan diri yang diminati dan sesuai dengan persyaratan yang berlaku di perguruan tinggi mitra di luar negeri dan perguruan tinggi asal mahasiswa.

Terbuka kesempatan bagi Mahasiswa Dari Wilayah Tertinggal, KIP-K, atau Bidikmisi

Baca Juga :  Membangun Reformasi Birokrasi di Jalur Yang Tepat

Tahun 2024 ini, IISMA melakukan seleksi calon awardees melalui tiga skema yaitu. skema regular, afirmasi, dan co-funding. Skema reguler merupakan beasiswa penuh dari Kemendikbudristek RI.

Skema afirmasi merupakan beasiswa penuh dari Kemendikbudristek untuk mahasiswa yang berasal dari wilayah tertinggal sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 63 Tahun 2020 tentang Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2020-2024 atau mahasiswa penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP-Kuliah) atau mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi. IISMA tahun ini semakin membuka kesempatan bagi mahasiswa unggul dari seluruh Indonesia tak terkecuali. Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Sri Suning Kusumawardani menyatakan bahwa program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa unggul dari Sabang sampai Merauke untuk belajar selama satu semester sebagai duta bangsa di perguruan tinggi terbaik di luar negeri dengan dukungan biaya dari pemerintah Indonesia.

Skema co-funding dibuka setelah skema regular dan afirmasi telah diumumkan. Melalui skema co-funding ini, IISMAmemberikan kesempatan lebih banyak kepada mahasiswa Indonesia yang hendak mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi luar negeri dengan pembiayaan yang berasal dari dua pihak, yaitu dana dari pemerintah dan mahasiswa secara mandiri.

Baca Juga :  Kunjungan UMKC untuk Perluas Kerja Sama dengan IISMA

IISMA tahun 2023 telah berhasil menarik lebih dari 10.000 pendaftar yg berasal dari skema reguler dan co-funding. Dengan dibukanya tiga skema pendaftaran di tahun ini diharapkan mampu mendorong peningkatan partisipasi mahasiswa, sehingga peserta IISMA lebih terdistribusi secara proporsional. Di kesempatan yang sama, Direktur Pendidikan Vokasi (Diksi), Kiki Yuliati mengapresiasi dan mendorong perguruan tinggi untuk memberikan peluang bagi sebanyak-banyaknya mahasiswa vokasi untuk mengikuti program IISMA. “Saya mengapresiasi kepada perguruan tinggi pelaksana pendidikan vokasi yang turut menyukseskan pelaksanaan program IISMA dengan membuka kesempatan seluas-luasnya bagi mahasiswa vokasi untuk bergabung mengikuti program,” ungkapnya.

Jumlah kuota yang dibuka tahun ini meningkat sebanyak 3.000—3.300 peserta, dengan jumlah mitra 140—150 universitas yang tersebar di 30 negara. Informasi lebih lanjut dan pendaftaran IISMA 2024 tersedia di laman iisma.kemdikbud.go.id.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 3.00 out of 5)
Loading...
36804 Views