Despro ITS Apresiasi Siswa Berprestasi melalui Golden Ticket

Kepala Departemen Desain Produk Industri ITS Bambang Tristiyono ST MSi

Kampus ITS, ITS News – Departemen Desain Produk Industri (Despro)Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital (FDKBD) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali memberikan kesempatan berharga kepada para siswa SMA/SMK/MA sederajat untuk bisa masuk tanpa tes. Yakni dengan mendapatkan golden ticket lewat jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Kemitraan, Mandiri, dan Prestasi (SKMP) 2023 mendatang.

Kepala Departemen Despro ITS Bambang Tristiyono ST MSi menuturkan, tahun ini merupakan kali kedua Departemen Despro ITS membuka jalur Golden Ticket. Pada tahun sebelumnya, jalur Golden Ticket ini dinilai berhasil dalam meningkatkan minat calon mahasiswa untuk berkuliah di Despro ITS. “Tujuannya untuk memberikan apresiasi kepada siswa SMA/SMK/MA sederajat yang memiliki prestasi luar biasa,” ujarnya.

Bambang menyampaikan bahwa tidak ada perubahan terkait kualifikasi jalur Golden Ticket tahun lalu dengan tahun ini. Peserta harus memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), menyertakan copy rapor semester 1 sampai 5, mencantumkan bukti prestasi akademik maupun nonakademik, serta mencantumkan bukti prestasi luar biasa.

Baca Juga :  Abmas ITS Ciptakan Alat Penunjang Kerja Bagi Pembatik

Persyaratan berikutnya yakni peserta harus membuat uraian yang ditulis tangan berisi deskripsi diri dan alasan masuk Departemen Despro ITS. Selain itu, peserta juga memiliki surat pernyataan keaslian prestasi dan dokumen lain dengan mengetahui kepala sekolah, serta tidak buta warna ketika proses daftar ulang dan cek kesehatan. Para peserta juga harus memilih Despro ITS sebagai pilihan pertama pada jalur pendaftaran SNBP dan SKMP.

Jenis prestasi luar biasa yang dapat diajukan untuk mengikuti seleksi serta tata cara untuk pendaftaran Golden Ticket Despro ITS 2023

Sama seperti tahun lalu, terdapat tiga jenis prestasi luar biasa yang dapat didaftarkan pada jalur Golden Ticket ini. Pertama, prestasi nasional atau internasional di bidang desain yang diselenggarakan oleh institusi terkemuka. Kedua, content creator atau influencer pada media sosial. Ketiga, entrepreneur terutama di bidang desain atau bisnis kreatif yang dibuktikan melalui profil usaha serta omzet.

Baca Juga :  FEB Universitas Jember Wujudkan Kampung Tin di Jember Sebagai Pioner Penerapan Pengabdian Internasional

Dalam hal ini, Bambang mengungkapkan bahwa tidak ada batasan khusus terkait jumlah omzet yang dihasilkan maupun jenis konten bagi para peserta yang mendaftar dengan prestasi influencer dan entrepreneur. Hal ini dilakukan agar para peserta dengan prestasi luar biasa memiliki kesempatan yang sama untuk mengikuti seleksi jalur Golden Ticket. “Seleksi jalur ini terbuka untuk siswa peminatan sains dan teknologi (saintek) serta sosial dan humaniora (soshum),” ungkapnya.

Bambang berharap melalui jalur Golden Ticket tahun ini, Departemen Despro ITS menjadi pilihan favorit siswa SMA/SMK/MA sederajat untuk melanjutkan pendidikan pada bidang desain. Ia juga berharap dengan adanya jalur Golden Ticket ini, siswa peminat Despro ITS akan semakin meningkat dan dikenal masyarakat luas. (HUMAS ITS)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
1410 Views