Detik.Com dan Kampus Merdeka Berkolaborasi Sejati dalam MSIB menuju Generasi Unggul Indonesia

Melihat dampak positif Magang Bersertifikat dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), Detik.com terus berkolaborasi dengan Kampus Merdeka. Detik.com awalnya membuka posisi Digital Jurnalis di berbagai wilayah Indonesia pada angkatan 4. Namun, karena berdampak positif bagi perusahaan dan mahasiswa, Detik.com memperluas posisi yang dapat dilamar oleh mahasiswa pada angkatan-angkatan berikutnya. Hal ini menunjukkan bahwa keterlibatan mahasiswa dalam program MSIB, tak hanya memberikan manfaat bagi mahasiswa, ajang ini juga bermanfaat dalam menjaring para talenta muda.

Detik.com berkesempatan menjalin kemitraan dengan perguruan tinggi dari berbagai daerah di Indonesia. Detik.com juga melakukan pengembangan keterampilan karyawan perusahaan melalui program mentorship dengan mahasiswa, dan kemungkinan rekrutmen dini terhadap mahasiswa setelah program berakhir, sehingga diharapkan Detik.com menjaring para talenta muda yang kompeten.

Detik.com juga membuka peluang bagi mahasiswa untuk mengajukan bantuan pembiayaan sesuai dengan ketentuan program. Manfaat ini bukan hanya berupa janji, melainkan telah terbukti nyata melalui partisipasi aktif Detik.com sebagai mitra utama di bidang media digital terbesar dan terpopuler di Indonesia dengan fokus pada konsep breaking news. Detik.com telah menjadi mitra MSIB sejak angkatan 4, hingga saat ini, proses seleksi yang angkatan 6 sedang berlangsung.

MSIB merupakan bagian dari Kebijakan Kampus Merdeka. Sebuah inisiatif yang kreatif dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Kebijakan ini bertujuan untuk memberikan persiapan karier kepada mahasiswa. Program ini tidak hanya memberikan peluang bagi mahasiswa untuk mengikuti dua semester di luar program studi, tetapi juga menawarkan jaminan konversi SKS yang diakui oleh perguruan tinggi. Dalam pelaksanaannya, Kemendikbud menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga pemerintahan dan swasta sebagai mitra kolaborator untuk menyelenggarakan program MSIB.

Baca Juga :  UKM Kesda Undiksha di PKB XLIII, Pentaskan Karya Berbasis Kearifan Lokal Buleleng

Pentingnya mentorship dalam pelaksanaan program MSIB tidak dapat diabaikan. Mahasiswa tidak hanya diberikan dukungan oleh mentor, tetapi juga diarahkan untuk menjalani bimbingan dan pendampingan selama mereka menjalani program. Mentor memiliki tanggung jawab menyediakan proyek riil yang dapat dikerjakan oleh mahasiswa selama pelaksanaan program. Proses mentoring ini melibatkan para ahli di setiap bidang dan posisi yang dilamar oleh mahasiswa. Selain itu, mentor memiliki peran penting dalam memberikan penilaian kepada mahasiswa, termasuk Penilaian Awal dan Evaluasi Akhir.

Sebagai bukti konkrit dari perhatian Detik.com terhadap kemajuan pendidikan tinggi di Indonesia, pada 22 Desember 2023, Detik.com meluncurkan aplikasi pembelajaran bernama E-Learning Detik.com. Pengembangan sistem ini melibatkan berbagai ahli, mulai dari programer, desainer UI/UX, pengembang backend, manajer proyek, hingga pengelola konten. Dalam proses pengembangannya melibatkan mahasiswa angkatan 5 program MSIB. Nanang Supriyatna, yang bertanggung jawab atas program MSIB di Detik.com, menyatakan bahwa E-Learning yang diluncurkan adalah salah satu kursus online terbaik, dan akan terus dikembangkan untuk memberikan manfaat yang lebih luas.

Baca Juga :  Guru Besar Unpad Manfaatkan Limbah Peternakan Jadi Sumber Energi Terbarukan

Kolaborasi yang nyata antara Detik.com dan mahasiswa dalam program MSIB batch 5 telah membawa dampak positif signifikan, termasuk peningkatan produktivitas dalam penulisan berita. Mahasiswa yang terlibat dalam program MSIB di Detik.com juga mendapatkan sejumlah peningkatan kompetensi, termasuk kesempatan untuk terlibat langsung dalam kegiatan liputan, menghasilkan karya nyata sebagai portofolio untuk melamar pekerjaan di masa depan, dan mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang industri media digital. Nanang mengungkapkan harapnya agar program MBKM dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat yang lebih luas bagi berbagai lapisan masyarakat. Ini mencerminkan tekad Detik.com untuk terus berkontribusi pada pengembangan generasi muda Indonesia. Nanangpu berharap akan banyak sektor swasta yang berkolaborasi. Bagi perusahaan dan mitra yang tertarik bergabung dalam program MSIB, syarat, ketentuan, dan pendaftaran dapat diakses melalui https://pusatinformasi.mitrakm.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/5559233007129–Ketentuan-Mitra-Program-MSIB. Detik.com mengajak pihak swasta bermitra dengan Kampus Merdeka, demi mewujudkan masa depan generasi Indonesia yang lebih maju. Dengan melibatkan diri dalam program ini, semua pihak dapat bersama-sama menciptakan lingkungan pendidikan dan pekerjaan yang lebih berkualitas dan inklusif.

Penulis:
Windasari Istiqomah – Mahasiswa Magang MSIB Ditjen Dikti, Batch 5

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
841 Views