Magang MBKM Dekatkan Mahasiswa Komunikasi Unsoed dengan Dunia Kerja

Siap memenangkan masa depan di mulai dari sekarang adalah semangat yang melambari bentuk kegiatan pembelajaran Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), termasuk salah satunya di Program Studi S1 Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Jenderal Soedirman.  “Alhamdulillah, terdapat 64 mahasiswa, yang terdiri dari 46 orang difasilitasi melalui hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) dan 18 orang melalui fasilitasi langsung dari kementerian di mana kesemuanya tersebar di 36 instansi baik di pemerintahan, industri serta dunia usaha dan kerja, “ ungkap Koordinator Program Studi S1 Ilmu Komunikasi, Dr. Wisnu Widjanarko, M.Si., MIPR., CPR. 

Mahasiswa sebagai penerima manfaat dari program ini pun merasakan arti strategis program ini. Aulia Jovial, adalah salah satunya. Mahasiswa yang magang di HAFECS – Barito Kuala, Kalimantan Selatan  sebagai copy writer ini mengungakpak bahwa di lokasinya magang dia  mendapatkan pengalaman langsung di tempat kerja, dan merasakan bagaimana bekerja dalam suasana team work. Begitu pula yang dirasakan oleh Alya Herolina yang mengikuti magang MBKM di Sudin PPUKM Kota Jakarta Barat. “ Saya merasa bersyukur karena dengan mengikuti program ini saya mendapat banyak insight baru mengenai dunia kerja yang sesungguhnya, mengenal bahwa di setiap kantor memiliki work culture nya masing masing, “ tukasnya. Lebih lanjut diungkapkan, fasilitas lain seperti dapat mengkonversi 20 sks dan insentif perbulan yang diberikan sangat membantunya untuk lebih optimal dalam menjalani kegiatan magang tersebut.  

Baca Juga :  ITS Resmi Berlakukan Kembali Perkuliahan Hybrid

Berkaitan dengan magang, PiC Magang Komisi MBKM Prodi, Dr. Agoeng Noegroho, M.Si memaparkan berdasarkan hasil monev yang dilakukan, para mahasiswa yang ikut program ini merasa senang karena menjadi lebih dekat dengan dunia kerja sejak awal.   “Tentu saja sebagai program baru, sejumlah hal masih perlu diadaptasi seperti terkait dengan pendataan, namun dengan koordinasi khususnya dengan dosen Pembimbing Akademik (PA) maka hal tersebut dapat teratasi sesegera mungkin, “ ungkapnya.   Selain program magang ini, mahasiswa Program Studi S1 Ilmu Komunikasi juga mengikuti sejumlah bentuk kegiatan pembelajaran di luar kampus lainnya, seperti kampus mengajar, studi independen dan juga pertukaran mahasiswa.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...
1527 Views