Mahasiswa USK Berhasil Meraih Juara 1 Kompetisi Bisnis Terbesar di Dunia

Lima Mahasiswa Universitas Syiah Kuala (USK) yang tergabung dalam Biscateam berhasil menjadi juara 1 pada Kompetisi Bisnis Tingkat Internasional yaitu  Hult Prize Global Summit di Mumbai, India pada 5 Juli 2024.

Mereka adalah Galuh Satwika Paramita, Deffan Derrico, Diva Maulana,Fakhriza Naufal dari Fakultas Kedokteran Gigi. Lalu Muhammad Raiyan Fajri dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Hult Prize International Competition merupakan kompetisi bisnis terbesar tingkat dunia dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Tujuannya,  untuk mengumpulkan ide-ide dari mahasiswa seluruh dunia dengan tema yang berbeda-beda setiap tahunnya. Pada tahun ini, memiliki tema “UNLIMITED”, untuk mencapai target-target United Nations Sustainable Development Goals (UN SDGs).

Biscateam dibimbing oleh dosen pembimbing kewirausahaan drg. Teuku Ahmad Arbi, Sp.BM (K) dan Fitrah Afandi, S.E, M.Si dan dosen pembimbing penelitian dr. Nurjannah, MPH., Ph.D, Sp. KKLP.

Baca Juga :  Bantu Perkembangan Ekonomi, Mahasiswa KKN-T IPB University Buat Peta Potensi Desa Sinar Sari

Galuh mengatakan, mereka berhasil menjadi juara dengan membawakan bisnis Biscatur (Egg shell flour Biscuit), yaitu sebuah inovasi biskuit berbahan dasar tepung cangkang telur, susu kambing etawa, palm sugar dan beberapa bahan pendukung lain. Setelah melakukan analisi nilai gizi, satu kemasan Biscatur dinilai dapat memenuhi kebutuhan kalsium harian sebagai pencegahan stunting dan osteoporosis.

“Alhammdulillah, setelah kami mempresentasikan bisnis ini. Kami berhasil menjadi Juara 1 Hult Prize Global Summit Mumbai 2024 kategori marketing dan reel,” ucapnya.

Biscateam terpilih untuk bersaing dengan 59 tim dari beberapa kota di berbagai negara, seperti Mumbai, Nairobi, Boston, Monterrey, Dubai, Lisbon,  Bangkok, dan lainnya. Mereka  melakukan presentasi di hadapan dewan juri dan investor pada tanggal 5-13 Juni 2024 di SDA Bocconi Asia Center- Mumbai.

Baca Juga :  Pakar Gizi IPB University Komentari Diet Ala Tya Ariestya

Sebagai pemenang Hult Prize Global Summit Mumbai 2024, Biscateam mendapatkan undangan serta Beasiswa Langsung oleh Hult International Business School. Lalu mendapatkan pendanaan serta bimbingan dari pengusaha yang berpengalaman untuk mewujudkan ide bisnis mereka.

Rektor USK Prof. Dr. Ir. Marwan turut mengucapkan selamat dan rasa bangga atas prestasi mahasiswa ini. Rektor menilai keberhasilan mereka ini setidaknya menunjukkan mahasiswa USK punya kualitas yang setara dengan mahasiswa lainnya di tingkat global.
Oleh sebab itu, Rektor berharap keberhasilan mereka ini bisa menginspirasi mahasiswa USK lainnya untuk tidak takut bersaing ditingkat global.

“Ini prestasi yang sangat membanggakan. Biscateam berhasil membuktikan kalau mahasiswa USK juga punya kompetensi yang diakui dunia. Maka kami harap inovasi dan karya seperti ini dapat terus berlanjut,” ucap Rektor.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
317 Views