POTRET KOLABORASI PRODI KRIYA BERSAMA MITRA DALAM UNJUK KARYA HASIL PROGRAM KOMPETISI KAMPUS MERDEKA (PKKM) 2022

Rabu, 14 Desember 2022 Pukul 09.30 WIB, Prodi Kriya, Fakultas Seni Rupa, ISI Yogyakarta, satu-satunya prodi di ISI Yogyakarta yang mendapat hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) 2022 menggelar Pembukaan Unjuk Karya Hasil PKKM Kriya 2022 di Co-Working Space Jurusan Kriya, ISI Yogyakarta. Acara ini dibuka oleh Pembantu Rektor I ISI Yogyakarta, Dr. Stepanus Hanggar Budi Prasetya, M.Si. didampingi oleh Direktur PKKM ISI Yogyakarta, Martino Dwi Nugroho, S.Sn., M.A.; Dekan Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta, Dr. Timbul Raharjo, M.Hum.; dan tentu saja Ketua Jurusan Kriya ISI Yogyakarta, Dr. Alvi Lufiani, M.FA. Dalam acara pembukaan ini, Kriya mengundang para mitra yang telah berkolaborasi selama berlangsungnya PKKM, seperti para praktisi yang mengajar di prodi kriya, serta para pimpinan atau yang mewakili tempat magang, tempat para mahasiswa “nyantrik” selama satu semester ini.

Baca Juga :  Kerja Sama dengan Pemkab Malaka, Undana Siap Perkuat SDM dan Pembangunan Wilayah

Unjuk Karya Hasil PKKM akan digelar selama tiga hari, 14-16 Desember 2022 di galeri dan sepanjang lorong Jurusan Kriya. Karya-karya yang ditampilkan merupakan karya-karya mahasiswa hasil PKKM, yakni magang, praktisi mengajar, dan team based project. Melalui program magang, Kriya mengirim 49 mahasiswa ke 25 tempat magang yang meliputi minat kriya kulit, kayu, tekstil, keramik, dan logam. Tempat magang tersebut tidak hanya berlokasi di Yogya saja, namun ada yang berada di Boyolali, Jakarta, dan Bandung. Untuk kegiatan praktisi mengajar, Kriya menggandeng praktisi mengajar dari lima minat/bidang kriya sebanyak 8 praktisi. Selama satu semester ini, para praktisi berkolaborasi dengan dosen pengampu mata kuliah Kriya Industri dan Kriya Eksperimental berkegiatan bersama di kelas, studio, dan luar kelas. Melalui kegiatan magang dan praktisi mengajar mahasiswa mendapatkan pengalaman baru benar-benar dari pelaku industri maupun seniman langsung, sehingga mereka memiliki perspektif baru dalam menciptakan karya seni yang artistik, fungsional, trendi, serta marketable. Mitra team based project berbeda dengan kedua aktivitas sebelumnya, bukan dari dunia industri melainkan dari dunia akademis, yakni Jurusan Kriya Telkom University Bandung. Dalam projek ini bersama-sama melakukan penelitian untuk merancang dan menciptakan karya apik dengan konsep mengangkat tradisi lokal dari kedua belah pihak, berupa kain panjang batik dan perhiasan logam.

Baca Juga :  Delegasi Unpad Boyong Prestasi di Olimpiade Vokasi Indonesia 2023

Unjuk karya hasil PKKM Kriya 2022 ini sangat terbuka untuk Anda. Kunjungi untuk menikmati karya-karya mahasiswa yang selain sarat seni, juga memberi warna tersendiri pada fashion, interior, serta produk seni lain untuk melengkapi koleksi Anda. Mari ramaikan Unjuk Karya Hasil PKKM Kriya 2022.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 1.00 out of 5)
Loading...
955 Views