Program Praktisi Mengajar di Unsoed : Perkuat Kolaborasi Akademik dan Dunia Usaha

Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) kembali berpartisipasi dalam Program Praktisi Mengajar (PM) Angkatan ke-3. “Kegiatan ini serentak akan dilaksanakan mulai dari 15 September hingga 15 Desember 2023, “ ungkap Koordinator PM-3 UNSOED, Dr. Zaroh Irayani saat Soft Launching PMM-3 yang dilaksanakan secara daring pertengahan bulan ini. Lebih lanjut diungkapkan, terdapat 35 kelas kolaborasi yang melibatkan 26 dosen dan 37 praktisi dari berbagai kalangan industri, dunia usaha, dan kerja. Acara dibuka oleh Wakil Rektor UNSOED bidang Akademik, Dr. Ir. Noor Farid, M.Si didampingi oleh Ketua LP3M Unsoed, Ir. Juni Sumarmono, M.Sc., Ph.D., IPU, Koordinator Pusat MBKM UNSOED, Ahadiyat Yugi Rahayu, D.Tech.Sc, Tim Pelaksana, Tim Monitoring dan Evaluasi, para Koordinator Dosen serta para dosen pengampu.

Baca Juga :  UI Laksanakan Vaksinasi Covid-19 Bagi Seluruh Dosen

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Akademik menyampaikan apresiasinya atas program ini. “Program ini memberikan pengetahuan dan wawasan kepada mahasiswa dari perspektif dunia kerja,“ ungkap Dr. Noor Farid. Lebih lanjut diungkapkan, melalui masukan dari para praktisi, diharapkan akan memberikan pengayaan pada proses pembelajaran, yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa. “Karena mereka akan menjadi lebih siap dalam menghadapi tantangan di masa depan, salah satunya dengan bekal pengetahuan dari aspek praktisi dari dunia usaha maupun dunia industri,“ tambahnya. Sehingga dengan hadirnya praktisi di ruang-ruang pembelajaran diharapkan mahasiswa mendapatkan kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia usaha dan dunia industri sehingga mahasiswa lebih siap bersaing di dunia kerja.

Baca Juga :  Mahasiswa UM Kunjungi Diknas Kota/Kabupaten untuk Memulai Program KMP 1.0

Usai pembukaan, selanjutnya dilangsungkan sosialisasi mengenai luaran program, yakni implementation of agreement, rencana pembaharuan RPS kolaborasi dan model pembelajaran kolaboratif, baik yang berbentuk studi kasus maupun proyek bersama praktisi, yang disampaikan oleh Dian Bayu Firmansyah, M.Pd., Ardiansyah, Ph.D dan Dr. Zaroh Irayani dengan moderaor Tri Murniati, Ph.D. Pada tahun ini, Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan dan Fakultas Ilmu Budaya masing-masing memiliki 7 kelas kolaborasi, disusul oleh Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan terdapat 6 kelas, Fakultas Pertanian 5 kelas, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 4 kelas, serta Fakultas Hukum, FMIPA dan FISIP masing-masing 2 kelas. Ada pun kegiatan Praktisi Mengajar sendiri dikelola oleh Pusat MBKM LP3M UNSOED.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 1.00 out of 5)
Loading...
973 Views