Undana Singergi dengan University of Kentucky USA

Kupang – Universitas Nusa Cendana (Undana) terus meningkatkan kerja sama dan sinergitas dengan sejumlah universitas ternama dunia. Pada awal tahun 2023 ini, Undana kembali melakukan kerja sama dengan University of Kentucky, salah satu universitas di United States of Amerika (USA).

Kerja sama ditandai dengan pendandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman antara Rektor Undana Prof. Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M.Sc dan perwakilan Plant Pathology Department (Jurusan Penyakit Tanaman), Universitas Kentucky, Dr. Nicole Gauthier di Ruang Rapat Rektorat Undana, Senin (6/3/2023).

Penandatanganan MoU tersebut disaksikan Dekan Fakultas Pertanian (Faperta), Dr. Ir. Muhammad S. M. Nur, M.Si, Wakil Dekan I Faperta, Dr. Ir. Mayavira V. Hahuly, M.CP, Kepala Biro Umum dan Keuangan, Dra. Karolina K. Sangkala, M.Si, Wakil dan Kepala International Relations Office, Ir. Maria Lobo, M.Math.Sc., Ph.D, serta Henry Smith, (Candidate M.S).

Peran yang akan dilakukan kedua belah pihak antara lain; berbagi pengetahuan dan pengalaman melalui pertemuan dua tahunan, webinar universitas, dan komunikasi informal antara fakultas dan staf patologi tanaman; berkolaborasi dalam pengembangan sumber daya pelatihan mahasiswa dan staf untuk identifikasi penyakit dan manajemen penyakit; dan berpartisipasi dalam pengembangan sumber pendidikan dan penjangkauan bagi petani.

Baca Juga :  Karya Mahasiswa Desain Interior Terpilih Sebagai Desain Terfavorit dalam Grand Final Youth Interior Design Award 2023

Rektor Undana, Prof. Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M.Sc dalam sambutannya menyambut baik kerja sama yang dilakukan kedua belah pihak. Dirinya sangat senang dan berterima kasih atas kehadiran dua orang ahli penyakit tanaman di Undana guna melakukan kerja sama.

Prof. Maxs juga memberi dukungan kepada Dr. Nichole dan Hendry Smith yang akan menghadiri workhsiop internasional yang dilaksanakan IRO Undana hingga tanggal 8 Maret nanti.

Dr. Nicole Gauthier pada kesempatan itu menyampaikan terima kasih karena Undana berkenan menerima kehadiran mereka dengan baik, dan melakukan penandatanganan MoU dengan Rektor Undana. Dr. Nicole juga mengaku senang karena sudah melihat langsung kampus Undana, dan mengunjungi beberapa tempat di Kota Kupang, diantaranya Gua Kristal, Oenesu, Gua Monyet, Gua Christal, dan juga melihat secara langsung Sawah di Kupang.

Baca Juga :  Rekayasa Ulang Proses Bisnis untuk Keunggulan Industri Jasa dan Manufaktur

Hal senada disampaikan Kepala IRO Undana, Ir. Maria Lobo, M.Math.Sc., Ph.D. Pihaknya juga sangat berterima kasih karena University of Kentucky  hanya memilih Undana guna mengeksekusi sejumlah kegiatan kerja sama tersebut.

Kepala IRO menambahkan bahwa setelah MoU, penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) juga dalam waktu dekat akan dilakukan dengan Fakultas Pertanian.

Ia menjelaskan workshop yang akan dilakukan bertema “The Importance of accurate plant pathogen detection and identification on plant disease monitoring and management.”

Sejumlah pembicara kunci yang akan tampil dalam workshop tersebut, Dr. Nicole Gauthier dan Dr. Misbakhul Munir Guru Besar Pertanian Undana, Prof. Yosep Seran Mau; Sri Widinugraheni M.Sc, Prof. Dr. Siti Subandiyah dari Universitas Gadjah Mada. (rfl)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 1.00 out of 5)
Loading...
912 Views