Usulkan Bisnis Inovatif, Tim ITS Memenangkan ISFEST 2023

(dari kiri) Fathia Rahmanisa, Luthfi Hakim Irawan, dan Hanny menerima piala juara satu lomba Information System Festival 2023

Kampus ITS, ITS News – Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) terus menorehkan prestasi tidak hanya pada bidang teknik, melainkan juga bisnis. Kali ini, tiga mahasiswa berhasil meraih juara satu di Business Plan Competition (BPC) Information System Festival 2023 yang diadakan oleh Universitas Kristen Satya Wacana, 6 September lalu.

Pada lomba yang bertema Information System in Business: How to Thrive Amid Economic Uncertainty inipara peserta ditantang untuk mengkonsep sebuah ide bisnis yang dapat bekerja dengan baik di tengah ketidakpastian ekonomi. Menanggapi tantangan tersebut, tim ITS yang terdiri dari Luthfi Hakim Irawan, Luthfia Rahmanisa, dan Hanny mempresentasikan business plan mereka dengan aplikasi Mecca.

Luthfi Hakim Irawan selaku ketua tim menjelaskan bahwa Mecca merupakan sebuah chat bot berbasis aplikasi WhatsApp (WA). Ia melanjutkan, tujuan utama dari pengembangan aplikasi ini adalah untuk memberikan informasi dan panduan kepada para jemaah haji dan umrah. “Niat awalnya adalah untuk membantu para jamaah umrah atau haji dari Indonesia untuk berangkat ke tanah suci,” ujar lelaki yang akrab dipanggil Fikim ini.

Baca Juga :  FK dan FON UPH Terjunkan Relawan Medis dan Perawat di Siloam Hospitals

Walau masih dalam tahap pengembangan, tim ini berhasil mempresentasikan potensi Mecca sesuai dengan indikator-indikator yang ditetapkan pada lomba ini. Beberapa indikator utama dari lomba ini adalah keunggulan produk atau jasa, peluang pasar, potensi keberlanjutan usaha, dan lain sebagainya. “Indikator ini selanjutnya kami substitusikan ke dalam pengembangan aplikasi Mecca,” jelasnya.

Berkat bantuan dan dukungan dosen pembimbing, Ir Achmad Holil Noor Ali MKom, tim ini berhasil menyempurnakan aplikasi Mecca dan menyelesaikan tantangan-tantangan lainnya selama lomba. “Kami mencoba yang terbaik sembari dibimbing oleh Pak Holil, mulai dari isi presentasinya hingga cara menyesuaikan kriteria,” ujar mahasiswa Departemen Sistem Informasi ini.

Setelah berhasil melalui tahap pengumpulan proposal business plan, tim ini beranjak ke Salatiga untuk mempresentasikan proposal mereka dan potensi dari aplikasi Mecca di hadapan para juri. “Saat melakukan presentasi, kami merasa cukup percaya diri sehingga dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan juri dengan baik,” tutur Fikim.

Baca Juga :  ITS Menjadi Satu-satunya Perguruan Tinggi Penerima Penghargaan OPOP

Berkat kepercayaan diri tim, persiapan matang, dan usaha yang besar, mereka berhasil menyisihkan 49 tim lainnya dalam gelaran in. Terakhir, mahasiswa asal Tangerang Selatan ini berharap aplikasi Mecca dapat lebih dikenal dan digunakan oleh masyarakat yang hendak berangkat ke tanah suci. “Semoga kebermanfaatan aplikasi ini dapat dirasakan banyak jemaah haji dan umrah,” tutupnya. (HUMAS ITS)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
383 Views