Publikasikan Riset Unggulan Perguruan Tinggi, Ditjen Diktiristek Luncurkan Katalog Riset

Jakarta, 14 Desember 2023 – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan Buku Katalog Riset Perguruan Tinggi pada Rabu (13/12) di Jakarta. Buku Katalog Riset dihadirkan sebagai upaya memotret riset perguruan tinggi yang menggambarkan kekuatan serta keunggulan riset masing-masing perguruan tinggi untuk dapat dipetakan, disinergikan, dan dikolaborasikan dengan perguruan tinggi lainnya, baik nasional maupun internasional, termasuk lembaga/instansi pemerintah dan industri.

“Saya sangat menyambut baik dan mengapresiasi terbitnya buku “Katalog Riset Perguruan Tinggi Bidang Fokus Pangan, Kesehatan dan Obat Tahun 2022” yang disusun oleh Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM),” ujar Pelaksana tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Nizam di sela Anugerah Diktiristek 2023.

Nizam menambahkan bahwa Buku Katalog Riset hadir sebagai upaya memublikasikan riset unggulan perguruan tinggi di Indonesia yang didanai anggaran Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) Penelitian tahun 2022, dengan harapan masyarakat luas dan dunia industri dapat mendapatkan informasi penelitian/riset dan teknologi terbaik yang dihasilkan para peneliti di perguruan tinggi.

Baca Juga :  Kolaborasi Inovasi Sebagai Solusi Ketahanan Pangan dan Kemandirian Kesehatan Nasional

Pada kesempatan yang sama, Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat Ditjen Diktiristek, M. Faiz Syuaib mengungkapkan bahwa berbagai riset bidang fokus pangan, kesehatan dan obat yang dilakukan perguruan tinggi di Indonesia tahun 2022 telah dikategorisasikan kembali berdasarkan kata kunci oleh tim pakar dan tim penyusun dengan tetap menyelaraskan tema serta topik risetnya. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar masyarakat luas dapat dengan mudah memahami dan mengambil manfaat atas hasil riset perguruan tinggi.

Kegiatan peluncuran Buku Katalog Riset ditandai secara simbolis melalui penyerahan Buku Katalog Riset oleh M. Faiz Syuaib kepada Nizam sebelum sesi pengumuman Anugerah Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat di ajang Anugerah Diktiristek 2023. DRTPM ke depannya akan menyajikan Katalog Riset ini dalam sistem berupa E-Katalog yang merupakan inisiasi DRTPM sebagai sistem basis data untuk mengkurasi luaran riset perguruan tinggi yang terstruktur, traceable, dan update-able, melalui keywording berupa kategorisasi bidang fokus, dengan tetap menyelaraskan tema serta topik riset yang ada dan yang akan datang.

Baca Juga :  Kunjungi Unsrat, Dirjen Dikti Soroti Peran Rumah Sakit Pendidikan untuk Membangun Sumber Daya Unggul

“Perguruan tinggi memiliki peran penting bagi masyarakat sebagai mesin pencipta ilmu pengetahuan dan teknologi yang mampu menyejahterakan dan memajukan berbagai aspek kehidupan. Dalam menghasilkan iptek dan inovasi, tidak akan mungkin bisa dilakukan perguruan tinggi tanpa melalui proses riset. Oleh karena itu, riset menjadi pilar utama bagi perguruan tinggi, di mana Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek melalui DRTPM akan terus berupaya memperbaiki kuantitas serta kualitas riset perguruan tinggi yang dapat memberikan manfaat langsung kepada masyarakat dan pemangku kepentingan, baik itu pemerintah, industri, maupun instansi terkait,” pungkas Faiz. Katalog Riset Perguruan Tinggi Bidang Fokus Pangan, Kesehatan dan Obat Tahun 2022 merupakan edisi perdana Katalog Riset. Ke depannya, nanti akan dilanjutkan dengan terbitnya Katalog Riset dengan Bidang Fokus Riset yang lainnya. Buku Katalog Riset Perguruan Tinggi Bidang Fokus Pangan, Kesehatan dan Obat Tahun 2022 dapat diunduh melalui laman: https://bima.kemdikbud.go.id/panduan

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 1.00 out of 5)
Loading...
2095 Views