close

Mahasiswa IPB University Ciptakan Media Pembelajaran Interaktif Ajarkan Siswa SD Pintar Membaca

Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-PM) IPB University, membuat media pembelajaran interaktif “Caksara (Cakra Nusantara)”. Tim yang terdiri dari empat mahasiswa ini ingin membantu siswa kelas 1 dan 2 SD agar bisa membaca dalam waktu yang singkat. Media pembelajaran Caksara menggunakan papan dan kartu untuk bermain sambil belajar.
 
Era sekarang, anak-anak cenderung lebih suka belajar sambil bermain. Metode bermain sambil belajar inilah yang diangkat oleh Tim Caksara untuk meningkatkan semangat dan motivasi siswa dalam belajar membaca, sehingga kemampuan literasi siswa juga akan meningkat.
 
Tim PKM-PM Caksara ini diketuai oleh Fenty Wurni Asih dari Ilmu Ekonomi Syariah dan anggotanya yaitu Ramzani Lutfi Syarifah (Kimia), Aldila Widya Putri Oktavia (Biokimia) dan Leica Agis Al Barra (Arsitektur Landskap). Tujuan mereka mengangkat ide ini adalah untuk menyelesaikan masalah kemampuan membaca anak-anak di SD Negeri Ciasmara 04, Pamijahan, Bogor yang masih rendah.
 
“Sebelum mengembangkan Caksara, kami sudah melakukan wawancara dengan kepala sekolah dan guru serta survei ke lokasi. Hasilnya didapat 32 siswa dari kelas 1 dan 2 pada tahun ajaran 2021/2022 belum bisa membaca,” ujar Fenty.
 
Oleh karena itu, Fenty dan tim mengembangkan Cakra Nusantara. Sebuah papan jelajah menggunakan desain wilayah nusantara yang menggunakan model Index Card Match. Model ini diangkat sebagai upaya mengatasi semangat siswa yang naik turun dalam belajar.
 
“Model mencocokkan soal dengan jawaban bisa melatih siswa untuk mengingat materi yang telah diajarkan dan membuat siswa tidak jenuh dalam belajar. Cakra Nusantara atau biasa disingkat Caksara menggunakan beberapa alat peraga. Di antaranya Papan Caksara, Cakra Putar, Pion, Kartu Pertanyaan-Jawaban, dan Kartu Help Me. Masing-masing alat peraga ini memiliki kegunaannya sendiri,” terangnya. 
 
Dalam mempermudah mitra memahami cara bermain Caksara, Tim Caksara juga sudah menyediakan video tutorial bermain yang telah diposting di youtube Caksara (Caksara). Selain itu, buku panduan sementara juga sudah dicetak untuk mitra.
 
Fenty menuturkan bahwa inovasi ini diharapkan bisa membantu guru-guru di Indonesia di kemudian hari untuk digunakan sebagai metode belajar.  “Kami berharap media belajar ini bisa menjadi alternatif yang digunakan guru di dalam pengimplementasian kegiatan belajar sehari-hari. Karena potensi keberlanjutan Caksara sangat besar untuk diterapkan,” ungkap Fenty.   
 
Salah satu guru di SD Negeri Ciasmara 04, Siti Iyar yang merupakan Wali Kelas 2, mengungkapkan bahwa dengan pembelajaran Caksara siswa yang mengalami kesulitan belajar membaca permulaan akan lebih mudah dalam belajar membaca karena tertarik oleh media Caksara. Ia juga sempat ikut memandu kegiatan Caksara saat di level 1 sehingga mengetahui langsung bagaimana cara bermainnya. (**/Zul)

Baca Juga :  INNO-KA (INNOvation KEDAIREKA) : Membuka Peluang Kolaborasi Pembangunan Ekosistem Inovasi Indonesia-Jepang