Ditjen Diktiristek Dorong Perguruan Tinggi Negeri Percepat Realisasi Anggaran

Jakarta – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) mendorong perguruan tinggi negeri (PTN) untuk semakin mempercepat realisasi anggaran jelang triwulan keempat tahun 2023. Pada Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Program, Kegiatan, dan Anggaran tahun anggaran 2024 di lingkungan Ditjen Diktiristek, Senin (28/08), Pelaksana tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Nizam mengimbau perguruan tinggi negeri untuk menunjukkan kinerja dan kemampuan dalam mengelola anggaran yang diperoleh tiap tahun secara optimal.

Tak lupa, Nizam pun mengingatkan perguruan tinggi negeri untuk tetap menjaga pengelolaan anggaran dengan baik dan menghindari penyimpangan yang dapat menyebabkan temuan di kemudian hari. “Mumpung masih empat bulan ke depan, mohon masuk ke gigi enam untuk berlari kencang dan remnya hati-hati agar tidak masuk jurang,” ujar Nizam.

Pentingnya penerapan transparansi dan akuntabilitas dalam tata kelola anggaran perguruan tinggi juga sangat ditekankan, khususnya dengan transformasi PTN menjadi PTN-BH diharapkan terlahir perguruan tinggi yang berkualitas dan tetap inklusif.

“Karena itu saya berpesan pada PTN yang sudah menjadi PTN-BH untuk tetap menjaga akuntabilitas, tidak menjadi lembaga yang komersial, yang berorientasi bisnis dan profit, melainkan berorientasi mutu yang semakin tinggi dan tetap inklusif,” kata Nizam.

Pada pertemuan yang dihadiri pimpinan PTN seluruh Indonesia, Nizam juga berpesan agar program-program unggulan kementerian dapat diakselerasi dan diperkuat. Ia berharap program-program yang sudah berjalan baik dan bermanfaat dapat terus dilakukan oleh siapapun yang melanjutkan kepemimpinan nasional nanti.

Baca Juga :  Ditjen Diktiristek Dukung Pembangunan Budaya Antikorupsi Demi Wujudkan Pendidikan Tinggi yang BerAKHLAK dan Berintegritas

“Program yang baik menurut saya itu program yang memberikan bermanfaat langsung kepada mahasiswa dan para lulusannya, dosen dan tendik dan institusi kita untuk maju. Salah satunya yang sudah terlihat hasilnya dan manfaatnya kita dapatkan adalah program Kampus Merdeka. Ini jangan sampai nanti kita reset atau setback sebelum kita memiliki program ini,” ucapnya.

Tahun anggaran mendatang diharapkan akan menjadi periode yang produktif dan inovatif dalam pengembangan sektor pendidikan tinggi. Ditjen Diktiristek berkomitmen untuk mengalokasikan sumber daya dengan bijak guna mendukung berbagai program dan kegiatan yang bertujuan untuk memajukan kualitas pendidikan tinggi serta merangsang penelitian dan inovasi di seluruh negeri.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Ditjen Diktiristek Tjitjik Srie Tjahjandarie menyampaikan bahwa persiapan program dan anggaran tahun 2024 dilakukan lebih awal sebagai langkah untuk lebih mendekati target realisasi anggaran, sehingga serapan anggaran perguruan tinggi menjadi lebih maksimal dan manfaatnya dapat dirasakan insan pendidikan tinggi juga masyarakat.

“Dalam pertemuan ini, perwakilan dari perguruan tinggi hadir untuk mendapatkan arahan terkait kebijakan tahun 2024 yang mulai dipersiapkan di tahun 2023, sembari mengejar kinerja program dan anggaran tahun 2023 agar tetap tepat sesuai jadwal,” jelas Tjitjik.

Baca Juga :  Pendaftaran Kampus Mengajar Angkatan 2 masih dibuka hingga 5 Juli 2021

Dalam rangkaian acara rapat koordinasi ini, dilaksanakan pula sosialisasi Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kepmendikbudristek) Nomor 210/M/2023 tentang Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi. Indikator Kinerja Utama atau IKU merupakan indikator yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dalam rangka membangun sinergi dan meningkatkan kualitas pelaksanaan tridarma perguruan tinggi.

Tujuan utama dari sosialisasi ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada seluruh pihak perguruan tinggi mengenai IKU sebagai acuan dalam pengembangan pendidikan tinggi di masa mendatang. Dalam sosialisasi ini juga dijelaskan terkait pembaharuan indikator-indikator capaian IKU sesuai Kepmendikbudristek serta linimasa IKU 2023.

“Dengan sosialisasi Kepmen yang baru ini, bisa menjadi catatan dan perhatian Bapak Ibu sekalian di dalam menjalankan program-programnya, sehingga capaian dari program tersebut dapat terekognisi sebagai IKU,” tutur Tjitjik.

(YH/DZI/FH/DH/NH/SH/MSF)

Humas Ditjen Diktiristek
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman : www.diktiristek.kemdikbud.go.id
FB Fanpage : @ditjen.dikti
Instagram : @ditjen.dikti
Twitter : @ditjendikti
Youtube : Ditjen Diktiristek
E-Magz Google Play : Satu Dikti
Tiktok : Ditjen Dikti

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 1.50 out of 5)
Loading...
7389 Views