Kedaireka: Sinergi dalam Kolaborasi Riset dan Pengembangan

Jakarta – Ekonomi yang berbasis pada inovasi, kini memiliki peranan penting untuk mengembangkan industri.

Negara-negara di dunia berlomba-lomba menggaet berbagai pihak untuk bekerja sama mewujudkan inovasi demi kemajuan bangsanya. Tentu hal ini bukan perkara mudah. Perlu upaya cerdas untuk membangun kesadaran pengusaha, industri, dan masyarakat, sehingga dapat berkolaborasi dengan pemerintah dalam riset dan pengembangan.

Kolaborasi kampus dengan dunia industri tentunya juga diharapkan selaras dengan agenda pemerintah. Lima hal yang menjadi fokus ekonomi Indonesia, yaitu green economic, blue economic, digital economic, pengembangan obat dan alat kesehatan, serta pemulihan ekonomi dan pariwisata Indonesia.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mendukung kolaborasi inovasi melalui Kedaireka. Platform ini merupakan wadah dan upaya untuk menjadi jembatan penghubung antara hasil riset kampus dengan dunia usaha dan industri, yang berbasis teknologi.

Baca Juga :  Tingkatkan kemampuan dosen-dosen menulis artikel ilmiah, DRTPM Ditjen Diktiristek gelar pelatihan penulisan artikel ilmiah di Sorong, Papua Barat

“Kedaireka dihadirkan dalam upaya untuk menghilirkan dari karya perguruan tinggi ke dunia usaha atau dunia industri kita atau juga mengembangkan kedaulatan kita dalam teknologi,” ungkap Nizam sebagai Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi.

Kedaireka melakukan pendampingan dalam pengembangan industri, sehingga dampak kerusakan lingkungan yang dihasilkan dari sebuah inovasi dapat diminimalisasi dan terwujud inovasi yang berkelanjutan.

“Jika industri tertentu hanya bisa merusak lingkungan dan tidak ingin berkembang, maka kami akan berusaha menyadarkan, bahwa mereka harus mencoba masuk kelima di antara fokus ekonomi Indonesia, dengan bantuan kolaborasi bersama perguruan tinggi,” lanjut Nizam.

Nizam menyampaikan tips komunikasi antara kampus dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) dalam Kedaireka untuk sukses mengajukan proposal.

Baca Juga :  Dukung Pengembangan Karier Dosen, Ditjen Diktiristek Buat Inovasi Layanan Sertifikasi Dosen

“Harus lebih intensif, jangan ragu dan takut untuk mengajukan proposal karena belum punya pengalaman atau bermitra, yang nantinya akan berdampak pada kurangnya rasa percaya diri, dalam melakukan inovasi,” saran Nizam.

Ke depan, diharapkan Kedaireka menjadi tonggak bangkitnya kesadaran kolaborasi antara kampus dengan industri. Kedua pihak kelak juga diharapkan mampu bekerja sama secara mandiri dalam riset dan pengembangan yang menjadi solusi bagi permasalahan bangsa. (YH/DZI/FH/DH/NH/SH/MSF)

Humas Ditjen Diktiristek
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman: www.diktiristek.kemdikbud.go.id
FB Fanpage: @ditjen.dikti
Instagram: @ditjen.dikti
Twitter: @ditjendikti
Youtube: Ditjen Diktiristek
E-Magz Google Play: G-Magz
Tiktok: Ditjen Dikti

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...
264 Views