Perdana, IISMA Memberangkatkan 15 Mahasiswa Menuju Irlandia

Jakarta – Sebanyak 15 awardee penerima beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) yang akan belajar selama satu semester ke National University of Ireland, Galway (NUI Galway) secara resmi diberangkatkan pada tanggal 3 September 2022. Pelepasan ini merupakan yang pertama untuk rombongan mahasiswa IISMA yang berada di kawasan Inggris dan Irlandia. Kegiatan dihadiri secara daring oleh Ketua Program IISMA 2022, Rachmat Sriwijaya, Atdikbud KBRI London, perwakilan KUI dari perguruan tinggi asal mahasiswa, para orang tua awardees, perwakilan Education in Ireland, dan undangan melepas para mahasiswa yang hadir di terminal 3 Bandara Soekarno Hatta.

Pelepasan ini merupakan seremoni rutin yang dilaksanakan oleh IISMA yang bertujuan bahwa pelepasan ini bertujuan untuk memberikan arahan langsung kepada para mahasiswa yang hendak berangkat menuju universitas tujuan masing-masing. Pengarahan yang disampaikan dari berbagai pihak diharapkan menjadi salah satu bekal utama dan pegangan bagi para mahasiswa untuk bisa beradaptasi dan menjalani program dengan baik.

Acara diisi dengan sambutan dari Ketua Program IISMA 2022, Atdikbud KBRI London, perwakilan perguruan tinggi dalam negeri, perwakilan Education in Ireland, perwakilan orang tua, Student Representative yang diwakili oleh Audrey Monalisa Nababan dari NUI Galway sebagai perwakilan mahasiswa, serta Wakil Ketua Program IISMA.

Rachmat Sriwijaya menyampaikan kepada para mahasiswa, “Kami memulai acara pelepasan ini dengan memutarkan lagu Berkibarlah Benderaku dan akan menutup dengan memutarkan lagu Bagimu Negeri, dengan tujuan menumbuhkan jiwa nasionalisme dalam diri awardees kami yang akan berangkat ke NUI Galway. Tentu saja kami berharap bahwa awardees yang kami berangkatkan untuk belajar di Irlandia dapat memiliki jiwa loyalitas yang tinggi bagi Indonesia dan dapat berkarya semaksimal mungkin untuk bangsa dan negara.”

Baca Juga :  Pendidikan Indonesia Menuju Indonesia Emas 2045

Khairul Munadi (Atdikbud KBRI London) juga mengatakan, “berada dalam nuansa yang sangat positif bagi Indonesia, dan melihat wajah adik-adik yang akan berangkat ini sangat membangkitkan semangat kita semua. Kami sangat antusias dan bangga dengan program yang amat luar biasa ini. IISMA ini benar-benar terobosan bagi perguruan tinggi di Indonesia. Tidak saja terobosan dalam konteks Indonesia, tetapi di UK dan Ireland juga program ini menjadi perbincangan di berbagai universitas yang semakin familiar dengan IISMA dan juga antusias untuk mengikuti program yang bergengsi ini.”

Sementara itu, Holis Abdul Holi sebagai perwakilan perguruan tinggi asal mahassiwa dari Universitas Padjadjaran mengatakan, “Kita patut sangat bangga dengan pemerintah yang sangat concern terkait globalisasi atau internasionalisasi pendidikan, terbukti dari program IISMA ini. Pada zaman saya menjadi seorang mahasiswa, belum ada kesempatan untuk mengikuti program seperti ini yang memberi kesempatan yang begitu luas untuk dapat merasakan pendidikan world class di luar negeri. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu orang tua yang telah mengawal dan mendukung adik-adik di sini hingga bisa sampai titik ini di mana mereka akan berangkat dengan sangat percaya diri. Kami berharap adik-adik semua dapat menjadi duta bangsa Indonesia yang membanggakan di tujuan studi Anda. Kami berharap bahwa Indonesia tidak hanya menjadi macan Asia, tetapi juga negara yang kebesarannya diketahui di seluruh dunia.”

Wismantono (perwakilan orang tua awardee Shafina Raamiza Wisman dari IPB) mengucapkan terima kasih untuk semua pihak yang yang telah membuat program yang luar biasa ini dan memberikan kesempatan bagi anak-anak Indonesia untuk dapat belajar menjadi pemimpin dengan wawasan global di negeri ini.

Baca Juga :  Pentingnya Mengangkat Potensi Inovasi dan Kearifan Lokal Melalui Kampus Merdeka

“Dimana bumi dipijak, disana langit dijunjung. Kami berharap adik-adik dapat menunjukkan bahwa kita juga melakukan penghormatan terhadap budaya dan peradaban yang ada di negara lain, yang tentu tidak sepenuhnya sama dengan budaya Indonesia. Tidak kalah pentingnya, gunakanlah kesempatan yang baik ini untuk mencapai keseimbangan. Tidak hanya jalan-jalan, tetapi juga benar-benar belajar dengan baik, bertanya kepada teman-teman yang ada di sana untuk dapat segera melakukan adaptasi. Jangan sungkan bertanya, karena adik-adik harus dapat cepat menyesuaikan diri. Mewakili seluruh orang tua mahasiswa ini, kami mengucapkan selamat jalan dan salam sukses. Jangan nakal dan tetap solid,” lanjutnya.

Andi Rahadiyan Wijaya (Wakil Ketua Program IISMA) menutup rangkaian sambutan dengan memberikan pesan agar para mahasiswa terus kompak yang terealisasikan dengan berangkat bersama-sama dan pulang bersama-sama.

“Kami berpesan agar teman-teman dapat selalu siap. Jadi kami berpesan agar teman-teman dapat saling support dan melaporkan kepada kami jika ada teman-teman yang mulai menutup diri untuk dapat dicarikan jalan keluarnya. Karena Anda semua berangkat menggunakan uang negara yang tentu akan diaudit, oleh karena itu kami berpesan agar teman-teman dapat taat administrasi agar keberangkatan teman-teman dapat dipertanggungjawabkan dihadapan negara,” ucapnya.
(YH/DZI/FH/DH/NH/SH/MSF)

Humas Ditjen Diktiristek
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman : www.diktiristek.kemdikbud.go.id
FB Fanpage : @ditjen.dikti
Instagram : @ditjen.dikti
Twitter : @ditjendikti
Youtube : Ditjen Diktiristek
E-Magz Google Play : G-Magz
Tiktok : Ditjen Dikti

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
433 Views