Program IISMA Hadir pada Pameran Edukasi Uni Eropa (EHEF) 2022

Jakarta – Setelah absen selama beberapa tahun akibat pandemi Covid-19, Uni Eropa kembali mengadakan pameran pendidikan universitas-universitas terbaik di Uni Eropa bertajuk European Higher Education Fair (EHEF) selama 2 hari pada tanggal 5 dan 6 November 2022 di Menara Astra, Jakarta Selatan. Pameran akan dilanjutkan ke kota berikutnya pada 8 November 2022 di Grand City Surabaya dan ditutup secara daring pada 9 November 2022 dengan menghadirkan perwakilan universitas-universitas di Uni Eropa yang berhalangan hadir. Kegiatan ini menjadi kegiatan yang banyak dinantikan masyarakat Indonesia karena melalui pameran ini masyarakat Indonesia dapat memperoleh informasi berbagai universitas, jurusan, bahkan kesempatan beasiswa di negara-negara Uni Eropa (06/11). Pada tanggal 9 November 2022, IISMA juga diberikan kesempatan untuk mengisi talkshow secara daring bersama perwakilan negara Perancis.

Tidak hanya pameran, sesi talkshow dari beberapa perwakilan negara juga turut menyemarakkan kegiatan ini. IISMA menjadi satu-satunya program beasiswa dari Indonesia yang diberi kesempatan mengisi sesi talkshow pada Sabtu pagi yang disampaikan oleh Sylvia Yazid selaku Koordinator Kawasan UK-Ireland IISMA Sarjana dan M. Alkadri Perdana selaku Koordinator Bidang Komunikasi IISMA Vokasi untuk memperkenalkan IISMA kepada para mahasiswa yang kini masih berada di jenjang Sarjana dan Vokasi. Pada hari Minggu, IISMA yang diwakili oleh Dian Utami, Koordinator Kawasan Uni Eropa IISMA Sarjana bersama Muh. Sani Mufti Alamsyah, Koordinator Program IISMA Vokasi kembali mengisi Talkshow yang kali ini diperuntukkan untuk perwakilan universitas-universitas Uni Eropa dengan harapan bisa menjadi mitra IISMA tahun 2023.

Baca Juga :  Kampus Merdeka Ajak Mahasiswa Bangun Industri B2B E-Commerce Indonesia

Pameran EHEF 2022 dibuka langsung oleh Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek, Nizam dan Duta Besar Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam, YM Vincent Piket secara daring di hari pertama. Nizam mengapresiasi dan mendukung diselenggarakannya pameran EHEF 2022 ini. “Ini adalah kesempatan yang baik bagi dosen dan mahasiswa di Indonesia untuk mencari informasi peluang studi lanjut dan beasiswa untuk melanjutkan studi ke negara-negara di Uni Eropa. Acara ini juga menjadi ajangmengembangkan jejaring kerja sama antarperguruan tinngi di Indonesia dan Uni Eropa,” ujarnya.

Senada dengan hal tersebut, Vincent Picket mengungkapkan, “ada banyak hal positif dari pengalaan belajar dan tinggal di Eropa, diantaranya dapat memperluan jejaring internasional, menumbuhkan beragam karakter positif diantaranyaa kepercayaan diri, tanggung jawab dan kemandirian”, tutupnya.

Pada tahun 2021 pada pameran EHEF secara daring, Vincent Picket menyampaikan bahwa terdapat lebih dari 11.000 mahasiswa maupun dosen yang saat ini sedang menuntut ilmu di Uni Eropa, dan pameran ini mengakomodir tingginya minat masyarakat Indonesia untuk menempuh pendidikan di Uni Eropa sehingga pameran diharapkan menjadi jalan pertama untuk membuka banyak peluang bagi masyarakat Indonesia menempuh pendidikan lebih tinggi dan berkualitas di Uni Eropa.

Baca Juga :  Dirjen Dikti Sampaikan Peluang Investasi Pendidikan Tinggi melalui Kampus Merdeka

Uni Eropa menjadi benua dengan jumlah penerima beasiswa IISMA terbesar yang mencapai 30% dari seluruh total mahasiswa. Tak heran pameran ini juga menjadi ajang mahasiswa Indonesia yang tertarik mengikuti program IISMA untuk menggali lebih dalam informasi tentang negara maupun universitas yang bisa mereka pilih saat pendaftaran di tahun 2023 mendatang. Sebagai satu-satunya booth program beasiswa Indonesia dari total 66 booth yang ada, booth IISMA tidak hanya selalu menarik perhatian pengunjung namun juga perwakilan universitas Uni Eropa yang tertarik menjadi mitra IISMA di periode selanjutnya.

Ketua Program IISMA, Rachmat Sriwijaya, menyampaikan “Keikutsertaan Program IISMA kali ini adalah ke-3 kalinya selama tahun 2022 dalam pameran EHEF di Jakarta mewakili institusi dari Indonesia . Ini membuktikan adanya pengakuan pemerintah dan Kampus Eropa terhadap Program IISMA sebagai salah satu program yang dipandang berkualitas.”
(YH/DZI/FH/DH/NH/SH/MSF)

Humas Ditjen Diktiristek
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman : www.diktiristek.kemdikbud.go.id
FB Fanpage : @ditjen.dikti
Instagram : @ditjen.dikti
Twitter : @ditjendikti
Youtube : Ditjen Diktiristek
E-Magz Google Play : G-Magz
Tiktok : Ditjen Dikti

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
312 Views