Abdidaya PPK Ormawa Resmi Dibuka, Perburuan 148 Medali Dimulai

Jember, 8 Desember 2023 – Ajang Abdidaya Program Penguatan Kompetensi Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) tahun 2023 resmi dibuka hari Kamis malam (7/12) di gedung Auditorium Universitas Jember. Sebanyak 160 tim dengan 1.200 mahasiswa dari 78 Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta (PTN/PTS) se-Indonesia akan berlaga memperebutkan 148 medali. Ajang Abdidaya PPK Ormawa adalah ajang kompetisi tertinggi bagi mahasiswa Indonesia yang melaksanakan program pengabdian dan pemberdayaan masyarkat. Penghargaan juga akan diberikan kepada dosen pembibing lapangan dan mitra yang mendukung Abdidaya PPK Ormawa.

Dalam sambutan pembukaannya, Rektor Universitas Jember menyampaikan terima kasih kepada Kemendikbudristek melalui Ditjen Dikti yang telah memberikan kepercayaan kepada Universitas Jember menjadi tuan rumah Abdidaya PPK Ormawa 2023. Menurutnya penunjukan Universitas Jember sebagai tuan rumah telah dijawab dengan kerja keras segenap panitia sehingga akhirnya ajang nasional ini bisa terwujud.

“Selamat datang di Kampus Tegalboto Universitas Jember. Saya berharap ajang Abdidaya PPK Ormawa tidak sekedar kompetisi, namun juga menjadi sarana menjalin silaturahmi, saling berbagi pengalaman dan kerja sama. Jalinan kerja sama yang dimaksudkan untuk memperluas manfaat program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang sudah dilaksanakan oleh mahasiswa,”  tutur Iwan Taruna.

Baca Juga :  ARC Unsyiah Launching Produk Inovasi Baru Nilam

Sambutan Rektor Universitas Jember didukung oleh Koordinator Kemahasiswaan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Ditjen Dikti, Sukino, yang hadir mewakili Direktur Belmawa. Menurutnya, pelaksanaan Abdidaya PPK Ormawa salah satunya bertujuan membentuk mahasiswa Indonesia yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta peka dan peduli terhadap lingkungan sekitar, sehingga turut andil memberikan solusi terhadap permasalahan warga.

“Posisi Universitas Jember yang ada di ujung timur pulau Jawa sempat menjadi pemikiran kami, namun ternyata panitia membuktikan mampu melaksanakan ajang Abdidaya PPK Ormawa dengan baik. Terbukti semua peserta hadir, maka selamat dan sukses untuk Universitas Jember,” kata Sukino di hadapan hadirin yang memenuhi gedung Auditorium malam itu.

Sebelumnya, ketua panitia kegiatan, Prof. Slamin melaporkan ajang Abdidaya PPK Ormawa 2023 dari tanggal 7 hingga 9 Desember akan diisi dengan expo yang menjadi ajang presentasi poster dan video berisi hasil pencapaian program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang telah dilakukan oleh peserta. Selain itu ada seminar dan lokakarya yang melibatkan perguruan tinggi dan mitra guna memberikan rekomendasi penyempurnaan pelaksanaan Abdidaya Ormawa dan pembinaan Ormawa ke depan.

Baca Juga :  Cara Atasi Stres Selama Pandemi COVID-19

“Tema Abdidaya PPK Ormawa kali ini adalah Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan Dalam Menumbuhkan Semangat Kepemimpinan Berlandaskan Pancasila Demi Mewujudkan Ormawa kuat, Desa Unggul, dan Indonesia Maju. Dengan enam belas tema pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang dipertandingkan,” ujar Prof. Slamin yang juga Plt. Wakil Rektor III Universitas Jember.

Malam itu mahasiswa dari Aceh hingga Papua disuguhi beragam hiburan dari peluncuran lagu resmi Abdidaya PPK Ormawa 2023, penampilan Jember Fashion Carnaval hingga pementasan sendra tari Reog Ponorogo yang dimainkan dengan apik oleh mahasiswa Universitas Jember yang tergabung dalam Paguyuban Seni Reog Mahasiswa Sardulo Anurogo. Seluruh peserta sejumlah 78 PTN/PTS juga melakukan defile. Sesuai rencana, pengumuman pemenang sekaligus penutupan ajang Abdidaya PPK Ormawa 2023 akan digelar hari Sabtu malam tanggal 9 Desember 2023 di gedung Auditorium Universitas Jember. (iim)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
293 Views