Delegasi Unpad Raih Sejumlah Medali di Ajang Pomnas ke-18

Delegasi mahasiswa Universitas Padjadjaran yang menjadi wakil Provinsi Jawa Barat pada ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) ke-18 mencetak sejumlah prestasi. Ajang ini diselenggarakan di Universitas Lambung Mangkurat, Kalimantan Selatan, pada 12-22 November 2023.

Pomnas-18 kali ini menyelenggarakan enam belas cabang olahraga (cabor). Unpad sendiri mengirimkan 37 atlet yang turun pada 10 cabor, yaitu atletik, bola basket, bridge, bulu tangkis, catur, karate, kempo, panjat tebing, renang, dan taekwondo.

Lebih lanjut, dari 10 cabor yang diikuti, delegasi Unpad berhasil mencetak prestasi pada 7 cabor, yaitu bola basket, kempo, karate, renang, badminton, catur, bridge, dan taekwondo.

Pada cabang olahraga kempo, mahasiswa Unpad berhasil meraih 1 perak dan 1 perunggu. Medali perak diraih oleh Mirwan Nafil (FH) dan Nurul Choirunnisa (FMIPA) pada nomor pertandingan Embu Berpasangan Campuran I/II Dan.

Sementara medali perunggu diraih oleh Mirwan Nafil (FH 2018) pada nomor pertandingan Randori Putra Kelas 65 Kg dan Embu Beregu Putra; serta Tiara Maylafaizah Br. Bangun (FTIP), Putri Rahmaniyah Anan Q (FK), Annisa Permata Cyntia (FK), dan Hermione Jasmine (FPIK) pada nomor pertandingan Embu Beregu Putri.

Baca Juga :  FKG UI Beri Penyuluhan Penyakit Gigi dan Seriawan di Mulut pada Panti Asuhan di Jakarta Pusat

Pada cabor karate, mahasiswa Unpad berhasil meraih 2 medali perunggu yang diraih oleh Alfianu Adhi Riztiawan (FPIK) pada nomor pertandingan kumite under 67 kg Putra dan Najla Azzahra (FH) pada nomor pertandingan kumite under 61 kg Putri.

Pada cabor renang, mahasiswa FK, Lanang Garudana, berhasil meraih medali perunggu pada nomor pertandingan 100 meter gaya bebas.

Pada cabor bola basket, mahasiswa Unpad berhasil meraih medali perunggu pada nomor pertandingan beregu 3×3 putri yang diraih oleh Made Rania Calista Suhadhi (FTIP).

Pada cabor badminton, mahasiswa Unpad berhasil meraih 1 perak dan 1 perunggu. Medali perak sendiri diraih oleh Maria Veronica Ngadien Prawesti (FISIP) pada nomor pertandingan Tunggal Putri dan medali perunggu diraih oleh Imtiyaz Yasmin (Fikom) dan Maria Veronica Ngadien Prawesti (FISIP) pada nomor pertandingan beregu putri.

Pada cabor catur, mahasiswa Unpad berhasil meraih 3 medali perak. Medali perak pada nomor pertandingan standar beregu putri berhasil diraih oleh Nur Aini Rasyid (Fikom), Karina Aliyah Geertje (FK), dan Theodora Paulina Walukow (FMIPA). Medali perak pada nomor pertandingan catur standar papan terbaik 1 putri diraih oleh Nur Aini Rasyid (Fikom). Lalu, medali perak pada nomor pertandingan catur standar papan terbaik 2 putri diraih oleh Theodora Paulina Walukow (FMIPA).

Baca Juga :  Luncurkan Kapal Terbaru, Barunastra ITS Siap Berjaya Lagi di Amerika

Pada cabor bridge, mahasiswa Unpad berhasil meraih dua medali perunggu. Pada nomor pertandingan pasangan putra, medali ini diraih oleh Jimmy Jamalullail (FTG) dan Yusril Darman (FEB). Sedangkan pada nomor pertandingan pasangan campuran, medali ini diraih oleh Jimmy Jamalullail (FTG) dan Levina Nurul Azizah (Fkep).

Sementara itu, pada cabor taekwondo mahasiswa Unpad berhasil meraih 2 perak dan 1 perunggu. Medali perak berhasil diraih oleh Kim Yong Sinurat (FH) pada nomor pertandingan kyorugi 58 kg Putra dan Arya Rizki Mahesa Wibowo (Fikom) pada nomor pertandingan kyorugi 87 kg Putra. Sedangkan medali perunggu diraih oleh Muhammad Arfan Baihaqi (FIB) pada nomor pertandingan kyorugi 63 kg Putra.

Perolehan medali sementara ini berhasil membawa Jawa Barat meraih posisi kelima klasemen Pomnas ke-18 setelah DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatera Utara. Total perolehan medali sementara Jawa Barat hingga Senin (20/11/2023) adalah 7 emas, 23 perak, dan 26 perunggu.*

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
181 Views