IPB University Jalin Mitra Baru dalam NAFSA Annual Conference and EXPO 2023 di USA

IPB University berpartisipasi dalam NAFSA Annual Conference and Expo 2023 yang diselenggarakan pada 30 Mei – 2 Juni 2023, di Washington DC bersama sejumlah perguruan tinggi di Indonesia, yang dikoordinasikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. NAFSA adalah asosiasi nirlaba yang didedikasikan untuk pendidikan internasional dan program pertukaran, yang bertujuan untuk memajukan pendidikan dunia melalui kerjasama internasional untuk mempersiapkan generasi akan datang yang lebih baik.

Dalam kesempatan tersebut IPB University terhubung dengan 15 universitas dari United State of America (USA) dan 7 universitas dari luar USA. Komunikasi secara khusus tersebut menjadi potensi kerjasama yang akan dijalin dalam bidang pendidikan dan penelitian.

Baca Juga :  Optimalkan Sumber Daya Lokal, ITS Hadirkan TTG and Innovation Corner

Dalam bidang pendidikan, IPB membuka kesempatan kerjasama untuk program mobilitas mahasiswa dan dosen. Mobilitas mahasiswa dapat berlangsung dari satu bulan hingga enam bulan, sedangkan para dosen dapat memiliki program mobilitas pengajaran selama satu minggu hingga satu tahun dalam program peneliti tamu.

Dalam bidang riset, IPB University menawarkan kolaborasi dalam riset di bidang-bidang kehutanan, pertanian, teknologi pangan dan bioteknologi, bioekonomi dan perdagangan internasional, kesehatan terpadu, ilmu lingkungan, karbon biru dan pengelolaan pesisir, serta ekonomi dan ekonometrika. Kolaborasi penelitian ini dapat berlangsung dari beberapa bulan hingga beberapa tahun di bawah konsorsium atau kerjasama U-U bilateral. Keluarannya bisa berupa publikasi bersama. Pendanaan dapat berasal dari perguruan tinggi peserta atau melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Baca Juga :  Begini Cara IPB University Latih Mahasiswa Buat Startup Mulai dari Mata Kuliah

Direktur Konektivitas Global IPB University, Dr Eva Anggraini menyatakan, “Event NAFSA ini merupakan sarana yang baik untuk membuka kesempatan bertemu dengan perguruan tinggi seluruh dunia, dimana kita bisa bertukar informasi dan membuka peluang kerjasama yang cukup luas”. Kesempatan berpartisipasi dalam NAFSA kali ini adalah yang pertama bagi IPB. Ke depan diharapkan persiapan bisa dilakukan lebih awal dan lebih baik lagi. “Kami mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta fasilitasi dari Atdikbud KBRI di Washington DC, ” ujarnya.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
163 Views