Kejar Teknologi Simulasi Geofisika Terkini, ITS Raih Hibah Rp 82 M

Sosialisasi penggunaan tNavigator Software yang dilakukan secara hybrid bersama dengan Rock Flow Dynamics

Kampus ITS, ITS News – Departemen Teknik Geofisika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menerima hibah teknologi berupa lisensi akademik tNavigator Software dari perusahaan multinasional Rock Flow Dynamics. Bantuan senilai Rp 82 miliar tersebut telah diserahkan kepada Departemen Teknik Geofisika ITS secara virtual pada 1 Juni lalu.

Kepala Departemen Teknik Geofisika ITS Dr Dwa Desa Warnana SSi MSi menerangkan bahwa hibah berupa perangkat lunak berbasis komputasi ini memiliki peran untuk menjalankan simulasi reservoir, yaitu area bawah tanah yang mengandung minyak bumi. Ia mengungkapkan, aplikasi ini dipilih karena kemutakhiran dan fungsinya dalam menunjang kegiatan akademik para mahasiswa.

Dalam bidang geofisika, dosen yang akrab disapa Anang ini mengatakan bahwa tNavigator Software memiliki beberapa fungsi spesifik yang dapat membantu analisis dan visualisasi data. Aplikasi tersebut membantu proses pemodelan dan simulasi reservoir dengan menggunakan berbagai metode. “Antara lain metode seismik, gaya berat, geomagnetik, geolistrik, dan elektromagnetik,” paparnya.

Baca Juga :  Abmas ITS Inovasikan Mesin Pasteurisasi Efisiensikan Pengolahan Susu
Tri Yudha Putra dari Rock Flow Dynamics saat memaparkan cara penggunaan tNavigator Software secara daring

Tak hanya itu, Anang menyampaikan, perangkat lunak besutan Rock Flow Dynamics ini juga dapat membantu mengolah dan menganalisis data geofisika berupa densitas, kecepatan gelombang seismik, hambatan jenis, permeabilitas, dan bentuk data lainnya. “Berbagai data tersebut akan diramu menggunakan fitur-fitur inovatif yang dimiliki oleh tNavigator,” ungkap dosen dari Laboratorium Geofisika Teknik dan Lingkungan ini.

Anang juga membeberkan, hibah lisensi akademik ini dilengkapi dengan 16 modul. Akan tetapi, tidak semua modul dapat digunakan di bidang keilmuan geofisika. Hanya ada beberapa modul yang dapat digunakan seperti Geology Designer, Model Designer, Fracture Simulator, Seismic, Well Design, dan Geomechanics. “Seluruh modul tersebut sudah dapat diakses pada 12 unit komputer di Teknik Geofisika,” terangnya.

Baca Juga :  Spektronics Berlaga di ICRCC 2023 dengan Inovasi Ramah Lingkungan
Mahasiswa peserta dari Departemen Teknik Geofisika ITS berdiskusi ketika dilakukan sosialisasi penggunaan tNavigator Software

Untuk memaksimalkan penggunaan dari perangkat lunak tersebut, Departemen Teknik Geofisika bersama dengan Rock Flow Dynamics menyiasati lokakarya bagi para mahasiswa. Pada lokakarya yang berlangsung pada Jumat (8/9) lalu tersebut, Tri Yudha Putra dari Rock Flow Dynamics mengajari para mahasiswa mengenai tata cara penggunaan aplikasi secara hybrid.

Alumnus ITS tersebut mengungkapkan bahwa lokakarya yang digagasnya ini bertujuan untuk melatih para mahasiswa menggunakan tNavigator Software secara optimal. “Harapannya, kerja sama ini dapat mendorong keilmuan dan pendidikan para mahasiswa Departemen Teknik Geofisika ITS menjadi lebih baik lagi,” pungkas Anang penuh harap. (HUMAS ITS)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
50 Views