KKN Abmas ITS Beri Pelatihan Teknologi Informasi bagi Guru

Ketua tim KKN Abmas ITS Dini Adni Navastara SKom MSc (empat dari kiri) beserta para mahasiswa tim KKN Abmas
Ketua tim KKN Abmas ITS Dini Adni Navastara SKom MSc (empat dari kiri) beserta para mahasiswa tim KKN Abmas

Kampus ITS, ITS News – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) melalui Kuliah Kerja Nyata dan Pengabdian Masyarakat (KKN Abmas) terus berupaya membagikan hal positif yang bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya. Salah satunya dengan memberikan pelatihan tentang pemanfaatan teknologi informasi untuk para guru dalam meningkatkan kualitas pembelajarannya.

Ketua tim KKN Abmas ITS Dini Adni Navastara SKom MSc mengungkapkan bahwa kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar (SD) melalui pelatihan PowerPoint. Kali ini yang menjadi sasaran adalah SD Sutorejo I/240 Surabaya. “Peserta pelatihan ini adalah para guru yang didampingi oleh empat dosen dan delapan mahasiswa Teknik Informatika ITS,” tutur Dini.

Dini Adni Navastara SKom MSc saat memberikan materi tutorial PowerPoint kepada para guru
Dini Adni Navastara SKom MSc saat memberikan materi tutorial PowerPoint kepada para guru

Dini menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan atas dasar kebutuhan para guru di SD Sutorejo I/240 Surabaya ini yang masih sedikit menggunakan pembelajaran berbasis multimedia. Hanya sekitar 10 persen dari seluruh guru yang ada di sekolah tersebut. “Kami melatih para guru untuk membuat PowerPoint yang menarik bagi siswa seperti animasi, template PowerPoint, dan penggunaan Masterslide,” jelasnya.

Baca Juga :  ITS Bantu Tingkatkan Kualitas Pembelajaran Daring bagi Guru SMA

Lebih lanjut, Dini menuturkan bahwa pelatihan ini dilaksanakan di Laboratorium Pemrograman Departemen Teknik Informatika ITS. Akan tetapi, pelatihan selama dua hari ini diselenggarakan oleh tim Laboratorium Komputasi Cerdas dan Visi (KCV) Departemen Teknik Informatika ITS. “Kita membagi kegiatan ini menjadi dua, yaitu pelatihan PowerPoint dan penugasan serta praktik penugasan kepada siswa di SDN Sutorejo I/240,” jelasnya.

Salah satu tim KKN Abmas ITS saat mendampingi peserta pelatihan pada sesi tutorial PowerPoint
Salah satu tim KKN Abmas ITS saat mendampingi peserta pelatihan pada sesi tutorial PowerPoint

Pada hari pertama, para peserta pelatihan mendapatkan tiga submateri, yaitu materi konsep pembelajaran interaktif yang diisi oleh Prof Ir Handayani Tjandrasa MSc PhD dan tutorial pembuatan PowerPoint yang diisi oleh Dr Eng Chastine Fatichah SKom MKom, Dini Adni Navastara SKom MSc, dan Dr Eng Nanik Suciati SKom MKom.

Baca Juga :  Sang Juara Jadi Tuan Rumah, ITS Gelar Penyisihan KRI 2022 Wilayah I dan II

Setelah pelatihan hari pertama selesai, para guru akan diberikan tugas untuk membuat PowerPoint yang akan dipresentasikan pada Jumat (2/9) ini. Untuk memacu semangat para peserta, tim KKN Abmas memberikan doorprize untuk PowerPoint yang paling menarik. “Penilaian tidak hanya dilakukan oleh tim KKN, tetapi juga dinilai oleh para siswa nantinya,” ujar dosen Departemen Teknik Informatika tersebut.

Tim KKN Abmas ITS bersama para guru peserta pelatihan
Tim KKN Abmas ITS bersama para guru peserta pelatihan

Harapannya, pelatihan ini bisa dimanfaatkan oleh para guru dalam menyusun materi pembelajaran yang menarik dan interaktif agar para siswa memiliki ketertarikan belajar yang lebih tinggi. “Selain itu, kami juga akan menyelenggarakan pelatihan-pelatihan lainnya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya Jawa Timur,” pungkas Dini. (HUMAS ITS)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
411 Views