ROBATIC (AIKOM Ternate Internal Competition)

TERNATE-Selasa (14/12/2021), Akademi Ilmu Komputer (AIKOM) Ternate, melakukan suatu kegiatan berupa Konteks ROBATIC AIKOM Ternate, kegiatan tersebut baru pertama kali dilaksanakan oleh Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di lingkungan LLDikti Wilayah XII, yang berlangsung di Aula Akademi Ilmu Komputer (AIKOM) Ternate.

Robotic AIKOM Ternate Internal Competition merupakan sesuatu event dimana robot- robot hasil karya Mahasiswa Teknik Komputer AIKOM Ternate diperlombakan secara internal. Ada 3 (tiga) kategori yang dilombakan diantaranya Line Follower untuk mehasiswa semester I (8 kelompok), Fire Extinguisher (3 kelompok) dan Smart Robot (8 kelompok) untuk mahasiswa semester III dan V masing-masing kelompok terdiri dari 7-10 orang. Aspek-aspek yang di lombakan antara lain proses kreativitas, teknologi, pemrograman robot, kerjasama tim dan keahlian dalam menuntaskan tugas ataupun tantangan tertentu.

Ilham Djufri, ST.,M.Kom selaku pelopor di bidang pembelajaran robotika di AIKOM Ternate berkomitmen agar mahasiswa ikut peran aktif memajukan kompetisi robotika di AIKOM Ternate dan secara regional di Maluku Utara untuk persiapan menuju konteks robot Nasional. Dengan metode menyelenggarakan kompetisi robotika yang cocok dengan kaidah-kaidah kontes robot yang berlaku secara Nasional serta paling utama melombakan Mahasiswa-mahasiswa hebat di balik robot- robot tersebut.

Baca Juga :  Hasil SBMPTN 2021 Resmi Diumumkan, ITS Terima 1.899 Mahasiswa

Konteks ROBATIC AIKOM Ternate dibawah penanggung jawab Direktur dan Wakil Dierektur I, yang dibimbing oleh para dosen-dosen diantaranya Abjan Samad, S.ST.,M.Kom, Mudar Safi, ST.,M.Eng, Sitna Hajar Hadad, ST.,M.Eng dan Seh Turuy, ST.,M.,Eng. Hasil lomba Juara I kategori Line Follower. Robot ini di rancang berjalan secara otomatic mengikuti line yang telah di tentukan. Robot ini di rancang oleh Mahasiswa semester I.

Juara 1 Kategori Line Follower

Juara I kategori Fire Extinguisher. Robot ini di rancang untuk melakukan pemadaman api. Sifat robot ini berupaya untuk mencari obyek (api) di setiap titik, saat menemukan titik api maka robot ini akan mematikan api dengan menggunkan kipas. Robot ini dapat dikembangkan agar pemadaman api di lakukan menggunaka air. Robot ini dirancang oleh mahasiswa semester III.

Sedangkan juara I untuk ketegori Smart Robot ( Robot Teknologi Informasi) merupakan robot yang dirancang untuk melakukan pendeteksian obyek, obyek yang di gunakan sebagai pendeteksi pesawat tempur yang di rancang sendiri oleh peserta lomba.. Robot ini di rancang oleh mahasiswa semester V. 

Cita-cita besar ini para penanggung jawab dan dosen pembimbing di AIKOM Ternate berharap kepada pemerintah dan seluruh pihak yang memiliki kepedulian terhadap kwalitas sumber data manusai (SDM) agar berkolaborasi bahu-membahu memperkenalkan kontes robot di AIKOM Ternate. (IL.JF).

Baca Juga :  Inovator IPB University ini Mengedepankan Aksi Humanis Presisi di 17 Desa Lingkar Kampus
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 3.00 out of 5)
Loading...
1921 Views