Segera Daftar, UTBK-SNBT Ditutup Tanggal 14 April 2023, Universitas Jember Siapkan 25.480 Kursi Peserta UTBK-SNBT 2023

Jember, 10 April 2023 – Ujian Tulis Berbasis Komputer – Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK–SNBT) 2023 sudah di depan mata. Sesuai jadwal yang ditetapkan panitia pusat, maka UTBK akan digelar dalam dua gelombang, gelombang pertama diadakan pada tanggal 8 hingga 14 Mei 2023 yang kemudian dilanjutkan dengan gelombang kedua pada tanggal 22 hingga 28 Mei 2023. Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ditunjuk sebagai Pusat UTBK SNBT 2023, Universitas Jember menyiapkan 25.480 kursi bagi peserta UTBK SNBT 2023.

Menurut Wakil Rektor I bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Jember, Prof. Slamin, pihaknya terus berbenah mempersiapkan diri guna menyukseskan hajatan nasional UTBK – SNBT 2023. Diantaranya dengan mempersiapkan lokasi UTBK beserta kelengkapan komputer dan sarana pendukungnya. Persiapan juga meliputi penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) seperti pengawas UTBK dan personil yang akan membidangi teknologi informasi dan komunikasi. Prof. Slamin optimis pelaksanaan UTBK–SNBT 2023 di Universitas Jember akan berjalan lancar mengingat Universitas Jember setiap tahunnya berpengalaman menggelar UTBK.

Baca Juga :  435 Mahasiswa Unsri Ikuti KKN Tematik di 4 Kabupaten

“Nantinya dalam satu hari akan ada dua sesi UTBK dengan peserta setiap sesi adalah 910 peserta. Hingga hari Senin tanggal 10 April 2023 sudah ada 11.133 peserta yang terdaftar akan mengikuti UTBK–SNBT di Pusat UTBK Universitas Jember. Jumlah ini kami perkirakan bakal bertambah mengingat pendaftaran baru akan ditutup pada tanggal 14 April nanti. Saya berharap peserta yang sudah memiliki pilihan program studi segera mendaftarkan diri sebab jika kuota peserta di sebuah Pusat UTBK sudah penuh maka peserta harus memilih Pusat UTBK lain dengan catatan kuota peserta masih ada,” jelas Prof. Slamin.

Guru besar Teori Graf di Fakultas Ilmu Komputer ini lantas mengingatkan peserta SNBT jika di tahun ini peserta bisa memilih program studi akademik dan vokasi. Oleh karena itu perlu strategi agar peluang diterima di PTN idaman semakin terbuka. Bagi peserta yang sudah mantap memilih program studi vokasi seharusnya memilih program studi vokasi di jalur SNBT tanpa harus menunggu di jalur Ujian Mandiri. Pasalnya ada kecenderungan peserta menjadikan pilihan program studi vokasi sebagai cadangan jika tidak diterima di jalur SNBT. Seperti yang biasa dilakukan pendaftar di tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga :  Mengenal Sosok Teguh Gumilang, Wirausaha Milenial Bioflok Alumnus IPB University

“Perlu diingat, justru kuota terbesar mahasiswa baru untuk program studi vokasi ada di jalur SNBT, bukan di jalur Ujian Mandiri. Jadi peserta perlu cermat memilih program studi agar peluang diterima di PTN terbuka lebar. Universitas Jember sendiri memiliki tiga program studi Sarjana Terapan atau diploma empat dan delapan program studi Diploma tiga yang lima puluh persen kuota mahasiswa barunya diambil dari jalur SNBT. Hingga hari ini total ada 20.778 peserta yang memilih Universitas Jember sementara daya tampung kita di jalur SNBT hanya 4.165 mahasiswa baru saja,” pungkas Prof. Slamin yang juga Ketua Pusat UTBK – SNBT 2023 Universitas Jember. (iim)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 1.00 out of 5)
Loading...
766 Views