Universitas Jember Cetak Sukses Prestasi dan Sukses Tuan Rumah Di Ajang Abdidaya PPK Ormawa 2023

Jember, 10 Desember 2023 – Ajang Abdidaya Program Penguatan Kompetensi Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) tahun 2023 resmi berakhir (9/12). Ajang kompetisi tertinggi bagi mahasiswa Indonesia yang melaksanakan program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat ini ditutup dengan pemberian penghargaan bagi para pemenang yang terdiri dari delapan kategori. Ada 148 medali yang diperebutkan oleh 160 tim dari 78 PTN dan PTS se-Indonesia, baik untuk Ormawa, dosen pendamping serta mitra. Dan tuan rumah, Universitas Jember meraih sepuluh medali dari delapan tim Ormawa yang masuk ke babak final.

“Alhamdulillah, Universitas Jember kembali meraih prestasi di ajang Abdidaya PPK Ormawa tahun ini. Jika tahun lalu membawa pulang lima medali, kini menjadi sepuluh medali. Sukses kedua adalah sukses sebagai tuan rumah. Kami bersyukur seluruh rangkaian acara dalam ajang Abdidaya PPK Ormawa berjalan dengan baik. Namun tentu tak ada yang sempurna, oleh karena itu selaku pimpinan Universitas Jember, saya mohon maaf jika ada kekurangan di sana sini. Acungan jempol buat kerja keras seluruh panitia,” ujar Rektor, Iwan Taruna yang tampak sumringah malam itu.

Baca Juga :  Unpad Gelar Festival Kampus Merdeka 2.0, Kenalkan Berbagai Program

Keberhasilan ini juga disyukuri oleh ketua panitia kegiatan, Prof. Slamin yang selama pelaksanaan Abdidaya PPK Ormawa terlihat sangat sibuk. Pasalnya tentu tak mudah memberikan layanan prima kepada seluruh kontingen yang hadir di Kampus Tegalboto. Tercatat ada 1.987 peserta yang hadir, mereka adalah mahasiswa dan dosen pendamping. Jumlah ini masih ditambah dengan tamu dan mitra. Selain mengagendakan kegiatan utama seperti expo, seminar dan semiloka maka panitia juga menggelar bazaar, panggung kreativitas hingga city tour.

Sementara itu ketua tim reviewer Abdi Daya PPK Ormawa yang mewakili Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Ditjen Dikti Kemendikbudristek mengapresiasi seluruh peserta yang sudah berhasil melangkah hingga babak final. Pasalnya dari 2.100 proposal yang diterima Direktorat Belmawa, hanya 608 proposal yang mendapatkan pendanaan. Dari jumlah tersebut ada 160 tim yang masuk final, disertai 60 dosen pendamping dan 9 mitra program.

Baca Juga :  Pilmapres Undana, Mahasiswa FEB Axl Lubalu Raih Juara Satu

“Anda semua adalah pemenang, sebab sudah membuktikan berhasil melaksanakan pengabdian dan pemberdayaan kepada masyarakat. Juara sejati adalah mereka yang program-programnya bermanfaat bagi masyarakat. Maka tugas bersama kita sekarang adalah bagaimana menjadikan program tersebut berkelanjutan. Dan ingat, Direktorat Belmawa sudah mencanangkan ajang Abdidaya PPK Ormawa tahun 2024,” ungkap Prof. Illah Sailah.

Malam penganugerahan Abdidaya PPK Ormawa lantas ditutup dengan penampilan grup band Sisi Kita yang sukses ‘menggoyang’ seluruh peserta yang hadir di gedung auditorium malam Minggu itu. (iim)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
423 Views