Dukung Perkembangan Motor Listrik, Profesor ITS Dorong Integrasi Teknologi AI
Prof Heri Suryoatmojo ST MT PhD pada saat memaparkan orasi ilmiahnya berjudul Manfaat dan Tantangan AI dalam Sistem Kendaraan Listrik Modern
Kampus ITS, ITS News – Perkembangan electric vehicle (EV) yang kian meningkat tajam di Indonesia dan target pemerintah menekan polusi udara mendorong dilakukannya pengembangan teknologi EV di masyarakat. Berdasar hal tersebut, salah satu Guru Besar dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Prof Heri Suryoatmojo ST MT PhD mengembangkan penelitian tentang pemanfaatan dan tantangan Artificial Intelligence (AI) dalam sistem kendaraan listrik modern.
Menurut Heri, kecerdasan buatan berperan penting dalam perkembangan teknologi kendaraan listrik yang kian meningkat tajam di Indonesia. Saat ini, penelitian marak berfokus pada kendaraan listrik baik dari segi kontrol, kecepatan, safety, dan pengujian. Permasalahan kompleks tersebut seharusnya diatasi dengan menggunakan AI. “Untuk itu, diperlukan penelitian guna mengoptimalkan kendaraan listrik dengan menggabungkan teknologi yang sudah ada seperti pengoptimalan AI,” terangnya.
Saat ini, lanjut Heri, penggalakan green campaign di dunia yang mengedepankan kendaraan listrik mendorong kita untuk mengedepankan pengembangan kendaraan listrik modern. Teknologi saat ini mengadopsi driving control. Dengan AI, kendaraan akan melaju autonomous tanpa sentuhan. Saat berada di jalanan sepi, mode code control dapat diaktifkan sesuai keinginan kita. “Driver akan lebih nyaman karena tidak terlalu menyita fokus akibat bantuan AI. Dari segi safety juga dapat mengidentifikasi jarak dan badan jalan,” paparnya.
Lelaki kelahiran 1980 ini menjelaskan, Motor Brushless Direct Current (BLDC) mempunyai peran penting dalam pengembangan kendaraan listrik. Motor BLDC sering digunakan sebagai penggerak utama kendaraan listrik karena memiliki efisiensi tinggi, torsi tinggi, rentang kecepatan lebar, dan perawatan rendah.
Selain itu, kecepatan motor BLDC juga perlu dikontrol untuk mendapatkan akselerasi yang diinginkan atau meminimalkan slip pada kontrol traksi. Dalam hal ini, penggunaan kontrol traksi pada mobil menjadi responsive, tetapi mampu mengoptimalkan penggunaan energi seminimum mungkin. Pengendalian kecepatan motor BLDC dikembangkan dengan metode Adaptive Neuro Fuzzy Inference System (ANFIS) yakni sistem fuzzy yang mempunyai mekanisme pembelajaran.
Dalam kebaruan keilmuan, alumnus doktoral Kumamoto University, Jepang tersebut memaparkan bahwa perancangan sistem kendali kecepatan motor BLDC menggunakan software MATLAB Simulink. Sistem yang dirancang terdiri dari beberapa blok di antaranya Inver