Panduan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2024

Bangsa Indonesia terus berbenah menuju tahun 2045 untuk menjadi negara maju. Negara yang memiliki kekuatan ekonomi dunia dengan kualitas manusia yang unggul, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, dan kesejahteraan rakyat yang merata. Manusia yang berkualitas akan tercipta dari proses pendidikan yang berkualitas pada semua tingkatan, termasuk pendidikan tinggi. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah meluncurkan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) selama 4 (empat) tahun sejak 2020, sebagai upaya memberikan keleluasaan bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi dirinya sesuai dengan minat dan bakatnya. Mahasiswa harus disiapkan menjadi pembelajar sejati yang terampil, lincah, dan ulet (powerfull agile learner). Kebijakan ini ditujukan untuk menyiapkan mahasiswa menjadi lulusan yang tangguh, relevan dengan kebutuhan zaman, dan siap menjadi pemimpin dengan semangat kebangsaan yang tinggi. Pendidikan tinggi sudah selayaknya menyiapkan para calon pemimpin ini selain memiliki kemampuan akademik (hard skills) yang tangguh, mengembangkan aspek keterampilan kemanusiaan atau perilaku personal dan antar personalnya (soft skills), di antaranya adalah keterampilan kepemimpinannya (leadership skill).

Baca Juga :  Katalog Riset Perguruan Tinggi (Luaran Riset BOPTN 2022) Bidang Pangan, Kesehatan, dan Obat

Keberhasilan MBKM tentu harus terus disosialisasikan tak terkecuali kepada mahasiswa baru di setiap perguruan tinggi. Salah satu momen yang tepat untuk diseminasi informasi mengenai program ini melalui Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). Tujuan pelaksanaan PKKMB untuk menyiapkan mahasiswa baru melewati proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Kegiatan ini dapat dijadikan titik tolak pembinaan idealisme, penguatan rasa cinta tanah air, dan kepedulian terhadap lingkungan, juga dalam rangka menciptakan generasi yang berkarakter, religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan berintegritas. Mahasiswa baru diberikan bekal agar mampu berproses dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi, sehingga kelak menjadi lulusan yang memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlak, cinta tanah air, dan berdaya saing.

Secara umum materi kegiatan PKKMB meliputi kehidupan berbangsa, bernegara, dan pembinaan kesadaran bela negara; pengenalan sistem pendidikan tinggi di Indonesia; perguruan tinggi di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0; pengenalan growth mindset mahasiswa; pengembangan karakter mahasiswa; pengenalan Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Lingkungan (K3L); dan materi lain yang bermanfaat dan dipandang perlu sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dan perguruan tinggi.

Baca Juga :  Buku Evaluasi Program Kreativitas Mahasiswa

Panduan ini merupakan Panduan Umum yang disusun dengan maksud agar pelaksanaan kegiatan PKKMB di perguruan tinggi memiliki acuan baku tentang bagaimana merencanakan, mengorganisasikan, menyelenggarakan, serta mengevaluasi kegiatan. Panduan ini mencakup landasan hukum, asas pelaksanaan, tujuan dan hasil yang diharapkan, materi PKKMB, metode pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi. Dengan adanya panduan ini, dalam kegiatan PKKMB diharapkan tidak terjadi penyimpangan dan ada upaya penanganan perundungan, pencegahan kekerasan fisik dan psikis dan pencegahan segala bentuk kekerasan. Semoga panduan ini bermanfaat bagi perguruan tinggi, mahasiswa baru, dan semua pihak dalam penyelenggaraan kegiatan PKKMB yang lebih menarik, menyenangkan, dan mendidik.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (4 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...
BACA UNDUH