40 Dosen Universitas Teuku Umar Raih Pendanaan Kompetitif Penelitian Tahun 2023 dari Kemdikbudristek

MEULABOH – UTU | Sebanyak 40 dosen Universitas Teuku Umar berhasil meraih pendanaan kompetitif Program Penelitian Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek). Keempat puluh dosen tersebut dari berbagai program studi lingkup Universitas Teuku Umar.

Dari 40 orang dosen tersebut, sebanyak 36 orang sukses mendapatkan Pendanaan Penelitian Program Kompetitif Nasional pada skema PDP (Penelitian Dosen Pemula), 2 orang meraih skema PDKN (Penelitian Dasar Kompetitif Nasional) tahun ke 1 dari 3 tahun, dan 2 orang meraih skema PFR tahun ke 1 dari 2 tahun.

Universitas Teuku Umar sebagai Perguruan Tinggi Negeri juga berkewajiban melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi khususnya bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat disamping melaksanakan pendidikan yang juga diamanahkan pada UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Baca Juga :  Halal Science Center IPB University Buka Peluang Riset dan Magang di Bidang Halal Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir dan Pascasarjana IPB University

Pendanaan ini akan memungkinkan para dosen untuk melaksanakan berbagai proyek penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berpotensi memberikan kontribusi positif bagi perkembangan lokal dan nasional.

Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat merupakan salah satu upaya pemerintah dalam memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menghubungkan kebutuhan masyarakat dengan penelitian yang dilakukan oleh para akademisi. Melalui program ini, para dosen dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan mereka untuk mengatasi tantangan yang dihadapi oleh masyarakat.

Pendanaan yang diterima oleh ke-40 dosen ini akan digunakan untuk melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan rencana yang telah disusun. Diharapkan bahwa hasil penelitian dan kegiatan pengabdian masyarakat ini akan memberikan dampak positif bagi kemajuan masyarakat dan pembangunan daerah.

Rektor UTU Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si menyatakan kebanggaannya atas prestasi para dosen tersebut. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Kemdikbudristek-RI yang telah memberikan kesempatan bagi UTU untuk berkontribusi dalam memajukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Baca Juga :  ITS sebagai Anggota Konsorsium BRAUIC Pertama dari Indonesia

Rektor berharap bahwa dengan adanya dukungan dan pendanaan ini, para dosen akan semakin termotivasi untuk menghasilkan inovasi dan solusi yang bermanfaat bagi masyarakat. UTU juga berkomitmen untuk terus mendukung dan mendorong kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai bagian dari misi akademik mereka.

“Universitas Teuku Umar berkomitmen bahwa akan terus mendukung para dosen dalam melaksanakan penelitian yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat. Sehingga dapat tercipta lingkungan akademik yang kondusif untuk pengembangan penelitian inovatif dan berkualitas tinggi,” Pungkas Dr. Ishak Hasan. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 1.00 out of 5)
Loading...
514 Views