Konser Smilemotion FKG Unpad Raup Donasi Rp 135 Juta untuk Penderita Bibir Sumbing

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran menggelar konser musik Smilemotion di Kiara Artha Park, Bandung, 25 November 2023 lalu. Berbeda dengan konser musik pada umumnya, Smilemotion digelar sebagai konser amal untuk membantu penderta celah bibir dan langit-langit.

“Selain kita membuat acara untuk menyalurkan soft skill teman-teman mahasiswa, kita juga membantu teman-teman lain yang membutuhkan,” kata Razani Nashira, Ketua Pelaksana Smilemotion 2023.

Dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad Razani menjelaskan, keuntungan dari pertunjukan musik yang menghadirkan sejumlah artis seperti RAN, Juicy Lucy, dan Kuburan ini didonasikan kepada Yayasan Pembina Penderita Celah Bibir dan Langit-langit (YPPCBL) di Kota Bandung. Dari acara tersebut, terkumpul sebesar Rp 135 juta yang seluruhnya diserahkan FKG Unpad kepada YPPCBL Kota Bandung.

“Donasi ini diserahkan untuk membantu para penderita celah bibir dan langit-langit dalam proses perawatan dan pemulihan selama berada di yayasan, serta membantu membiayai operasi para penderita yang kurang mampu dari segi ekonomi. Pada tahun ini 6 hingga 8 orang penderita yang dioperasi dengan dana bantuan tersebut,” ujar Razani.

Baca Juga :  Gubes ITS Pertahankan Posisi sebagai Top 2% Scientist in The World 2021

Razani juga mengungkapkan selain biaya operasi, donasi tersebut juga bisa dimanfaatkan bagi para pasien yang membutuhkan pemenuhan fasilitas selama perawatan. Mulai dari biaya rumah singgah, biaya hidup selama menjalani pengobatan, hingga fasilitas perawatan pascaoperasi.

“Belum lagi untuk pemenuhan kebutuhan belajar bagi penderita celah bibir dan langit-langit yang difasilitasi kelompok belajar khusus seperti anak-anak atau balita penderita yang mengikuti kelompok belajar untuk membangun kepercayaan diri nantinya ketika dapat belajar di sekolah umum,” tambah mahasiswa FKG Unpad Angkatan 2020 ini.

Diharapkan, donasi yang diberikan dalam membantu para pasien menjalani pengobatan dan perawatan dengan baik.

Sekilas mengenai Smilemotion, kegiatan ini merupakan gelaran ke-9 yang dilaksanakan oleh FKG Unpad sejak pertama kali diadakan pada 2014. Kegiatan ini merupakan wahana untuk menyalurkan kemampuan soft skill para mahasiswa dalam berorganisasi serta meningkatkan kepedulian untuk membantu para penderita celah bibir dan langit-langit.

Baca Juga :  Kembangkan Alat Terapi Fisik, Tim ITS Terima Hibah EPICS IEEE

Rangkaian kegiatan Smilemotion 2023 dilakukan sejak bulan September dengan mengajak para penderita celah bibir dan langit-langit untuk berkreasi mewarnai untuk mendekatkan para penderita dengan mahasiswa.

Selain menggelar konser amal, para mahasiswa juga memberikan edukasi seputar celah bibir dan langit-langit seperti tindakan preventif untuk pencegahan dan gambaran klinis penderita sebagai bentuk edukasi kepada Masyarakat, baik melalui media sosial maupun kampanye ke lingkungan masyarakat.

“Semoga hasil dari Smilemotion ini dapat berguna dengan baik bagi para penderita celah bibir, semoga fasilitas yang diberikan yayasan dapat membantu mereka mendapatkan fasilitas dan perawatan terbaik. Semoga para penderita juga tidak berkecil hati dengan yang dialami. Dengan ini semoga dapat berdampak positif kepada semua orang, baik dari masyarakat, penderita, dari mahasiswa dan dari Unpadnya sendiri,” tutup Razani.*

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 1.00 out of 5)
Loading...
485 Views